PPWI Launching Situs Anyar, Buku Pewarta Warga dan Lomba Nasional

0
30

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Selasa (16/6)  ini akan meluncurkan situs baru http://www.pewarta-indonesia.com dan buku ala citizen reporter di restoran Riung Tenda Bendungan Hilir Raya No.126 Jakarta Pusat. Dalam acara itu, panitia akan memberikan kesempatan kepada para undangan untuk menyampaikan pandangan tentang situs baru PPWI, buku ala citizen reporter, dan Lomba Nasional Menulis Surat Buat Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2009-2014.

Ketua panitia Ruslan Andy Chandra, Dipl.PR (Aus) dalam keterangan pers di Jakarta menjelaskan, acara ini dikemas dalam konsep yang sederhana saja. “Rencana ada pejabat negara yang kami undang dalam acara kami. Sudah kami undang, tapi mereka datang atau tidak tergantung pada protokolernya,” ujarnya.

Buku berjudul: “Booming Profesi Pewarta Warga, Wartawan dan Penulis (Mantra Pereguk Pundi-Pundi Rupiah) ini, menurut penulisnya, Supadiyanto, merupakan ide spontan saja dan materi buku itu digarap cuma butuh waktu sebulan. Dia mengaku saat ini banyak kalangan masyarakat yang minim akses terhadap informasi. Dan sebagian besar masyarakat menginginkan agar informasi yang mereka miliki juga diketahui oleh orang banyak, sehingga apa yang penulis ungkapkan dalam buku itu, akan bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara ini.

“Semoga paska membaca buku ini, banyak orang bisa menjadi penulis tenar atau pewarta andal, setidaknya begitu,” papar Supadiyanto kepada pewarta-indonesia.com.

“Kasus mbak Prita dengan salah satu Rumah sakit di Tangerang yang baru-baru ini heboh dibicarakan oleh media dan masyarakat adalah contoh yang harus kita pelajari, terutama berkaitan dengan cara menulis yang baik dan mengena. Nah dalam buku ini diungkap kiat-kiat menulis ala masyarakat bukan wartawan profesional,” paparnya.

Rencana buku setebal 171 halaman ini akan diluncurkan sekaligus dipasarkan di toko-toko buku, gerai buku, dan otlet-otlet terdekat di beberapa kota di Indonesia. Buku yang dianggap menyajikan “mantra pereguk pundi-pundi rupiah” ditulis oleh Supadiyanto S.Sos.I, salah seorang aktivis PPWI dari Jogyakarta, diterbitkan oleh PPWI Intramedia Press. Pada halaman tujuh dan delapan dari buku tersebut dimuat sekapur sirih dari Ketua DPD RI Prof. Ginandjar Kartasasmita dan Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke MA, MSc.

Selain dapat diperoleh di barbagai toko dan perpustakaan, buku ini juga bisa didapat di Gedung Dewan Pers Lantai I, Jalan Kebon Sirih Nomor 32-34, Menteng, Jakarta Pusat 10110 telepon 021-5705101, 5708725, 3441766 atau dapat dipesan melalui fax 021-5742554, SMS di 081371549165 (CP: Shony), atau email [email protected]. (**)