Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

SILAHKAN KLIK BANNER DI BAWAH INI DAN IKUTI SEMINAR MAHA PENTING YANG AKAN DISELENGGARAKAN DI GEDUNG NUSANTARA V, KANTOR MPR/DPR/DPD RI, SABTU 11 NOVEMBER 2017... AYOOO BURUAN DAFTAR, KETIK HADIR#NAMA-LENGKAP#KAB/KOTA DOMISILI/NOMOR-HP, KIRIM KE NOMOR HP/WA: 081371549165 (SHONY)

PT. KIK Kendal Beli Tanah pada Pemilik yang Salah

KOPI, Kendal - Banyaknya kasus kepemilikan tanah hasil peralihan jual beli dari para pemilik ke pihak KIK ternyata banyak yang tidak valid alias dipalsukan. Jual beli tanah dari pemilik tanah, Rosidah kepada pihak pembeli,Soedjono ini melalui beberapa tahapan hingga dibayar lunas oleh pembeli, luas tanah sekitar 8 hektar dengan letter C no. 587 persil 17 D.IV dan Letter C Persil 18 D.IV di Kelurahan Wonorejo,kecamatan Kaliwungu, Kendal ini menyisakan banyak masalah.Tanah ini diduga hilang padahal pemilik tidak pernah menjual tanahnya kepada pihak manapun.

Seharusnya KIK jeli dan teliti, apalagi jual beli tersebut banyak yang melalui calo yang menyamar sebagai pemilik tanah. Adajuga yang atas nama saja tanpa pernah memiliki tanah yang dimaksud. Permasalahan ini bukan hanya sekali dua kali saja,namun sudah berkali-kali dengan modus dan motif yang hampir sama,yakni makelar bekerja sama dengan oknum kelurahan/desa setempat.

Soedjono (71 th) warga Semarang, pemilik sah tanah dilokasi tersebut merasa kehilangan tanahnya dan saat ini tahu-tahu telah dikuasai oleh pihak KIK,padahal dia belum pernah menjual atau mengalihkan tanah kepemilikannya kepada pihak lain.

Berkas Tidak Dikembalikan

Yohanes Ari Sukoco, Notaris Kendal kepada wartawan mengatakan bahwa pada saat itu memang benar Pak Jono (panggilan Soedjono) ketika itu mau menguruskan jual beli dan balik nama tanah di kantor kami, setelah berkas komplit itu diterima, termasuk cap/stempel notaris di belakang kwitansi jual beli yang diakui sendiri keabsahannya oleh Ari Sukoco, pihak makelar yang terdiri dari 4 orang meminta dokumen tersebut untuk dimintakan tanda tangan yang kurang kepada Soedjono, namun setelah ditanda tangani oleh pemilik melalui pihak makelar, berkas tersebut tidak disampaikan kembali ke kantornotaris, dan kemudian proses perkaranya diteruskan kemana, kami tidak mengetahuinya”.

“Berkas itupun tidak serta merta saya serahkan begitu saja,karena harus ada pemilik yang sah yang harus meminta, nah melalui telepon milik bu Pur itulah pemilik mengijinkan agar berkas diserahkan kepada bu Pur (satu diantara 4 makelar tersebut)untuk kemudian dimintakan tanda tangan dari pemilik (Soedjono)”.”Saya juga telpon ke Pak Lurah, Soleh, untuk ikut bertanggung jawab atas keberadaan berkas tersebut, karena dari awal lurah Soleh ikut tim makelar tersebut,dan lurah Solehpun mengiyakan”, katanya menambahkan.

”Sayaajagakpernahtelpkenotaris, tahunomernyasajatidak, apalagi pake hand ponya bu Pur sama sekali tidakpernah”. Kata Soedjono menampik tuduhan tersebut.

“Setahu saya Pak Jono akan digantikan rumah tanah miliknya Bu Pur yang sekarang masih ditempati oleh Erna (Anaknya Bu Pur, sekarang almarhum), Setelah itu saya tidak tahu menahu kabar selanjutnya.” Kata Ari Sukoco.

Hingga berita ini diturunkan pihak pemilik asli,Soedjono tetap bergeming jika dokumen/berkas yang diambil oleh orang lain dari notaris Ari Sukoco belumlah seijin pemilik.