Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Warta Berita Daerah Inilah 12 Calon Gubernur Riau Periode 2013-2018

Inilah 12 Calon Gubernur Riau Periode 2013-2018

KOPI, PEKANBARU - Puluhan Petinggi Riau berambisi untuk ikut Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) bulan oktober tahun 2013. Mereka berlatar belakang profesi dari ketua partai (red. Ketua DPD partai politik Propinsi), Birokrat, Bupati, mantan walikota, Anggota DPRD Propinsi Riau, Anggota DPR Ri, dan istri Gubernur.

Indonesia Negara Demokrasi terbesar kedua setelah Amerika serikat,makin rame peserta ikut Pilgubri menandakan suatu Negara itu berdemokrasi. demokrasi berarti demos= rakyat, krasi=pemerintahan. pemerintahan Demokrasi dari rakyat untuk rakyat.rakyat langsung memilih sang pemimpinnya.

Zaman kini rakyat sudah pada pintar-pintar, 2 kali Pilpres (Pemilhan Presiden), 2 Kali PilGubri (Pemilihan Gubernur), 2 kali (pemilihan Bupati/walikota), saat Kampanye/Pemilu (Pemilihan Umum) oknum tersebut menyambangi rakyat, kayak sinterklas aja turun dari langit membawa bingkisan untuk rakyat, simpatisan.

Para kandidat ini tinggi tingkat dermawannya saat kampanye berlangsung,membagi-bagikan kaos, baliho, spanduk, bingkisan, juga pitih (duit). kalau sudah duduk ingin ketemui dengan beliau beribu alasan dari bapak sedang sibuk, rapat, keluar kota, ada tamu dan lain-lain. ucap sang ajudannya.

Dari hasil survey wartawan Koran ini keliling Riau, Sekilas info 33 % penduduk Riau keturunan jawa, mereka ini berdomisili di 13 kabupaten/kota se-Riau.mereka sudah beranak pinak (sudah turun temurun) berdomisili di propinsi Riau. separoh lebih masyarakat riau orang pendatang dari sumatera barat, sumatera utara,serta berbagai suku bangsa se Indonesia.

Hampir setiap pelosok daerah pedalaman riau terhampar perkebunan sawit milik Perusahaan swasta, maupun BUMN serta milik warga keturunan jawa bekerja sebagai petani sawit didaerah kabupaten/ kota seriau.

Pada Oktober 2013 mendatang digelar Pilkada Provinsi Riau. Meskipun masih cukup lama, lebih dari setahun, namun suhu politik di Riau mulai meningkat, dampak dari eskalasi persaingan awal para bakal calon yang berminat menggantikan posisi yang wajib ditinggalkan Haji M Rusli Zainal.

Dari informasi yang dirangkum dari sejumlah sumber, baik dari pribadi yang berminat maju maupun dari pengurus partai politik, berikut ini ada beberapa nama yang mulai muncul ke permukaan untuk memperebutkan dukungan rakyat Riau.

Inilah daftar sementara kandidat calon Gubernur periode 2013-2018

1. Haji Suryadi Khusaini

Mantan wakil ketua DPRD Propinsi Riau, juga ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Propinsi Riau. Suryadi khusaini pernah ikut Pilgubri tahun 2008 berpasangan dengan Chaidir kalah telak.

Suryadi sebagai calon wakil Gubernur sedangkan dr Hewan Chaidir sebagai Calon Gubernur Riau pada Pilgubri tahun 2008.

“Jokowi Riau ini” juga ketua Paguyuban jawa IKJR (Ikatan Keluarga Jawa Riau) 33 % penduduk Propinsi Riau keturunan jawa.

Saat Pilgubri tahun 2008 dulu ada beberapa orang warga jawa bilang ke wartawan ini,bila ketua IKJR ikut Pilgubri sebagai calon Gubernur seluruh orang jawa berdomosili di riau mendukung beliau, memberikan bantuan moril maupun materil. 2 poin untuk Suryadi ketua partai juga ketua Paguyuban jawa. (red Suryadi khusaini baru menyerahkan jabatan ketua IKJR ke pada Suryadi paijan) bayangkan berapa masa pendukungnya.

Oh ya kursi PDIP pada DPRD Propinsi Riau meraih 7 kursi, hanya mencari dua kursi lagi Partai berlambang banteng bermulut putih ini bisa mengusung calon Gubernur dan wakil gubernur dari partai yang ketua umumnya Buk Hajjah Megawati SP.

Saat ketemu dengan Suryadi Khusaini dirumahnya beberapa hari yang lalu mengatakan ingin jadi nomor satu bukan nomor 2 lagi tuturnya kepada wartawan Koran ini.

2. Haji Raja Mambang Mit

Mantan Sekda (Sekretaris Daerah ) Propinsi Riau ini dulu ikut Pilgubri tahun 2008 berpasangan dengan Rusli Zainal sebagai calon Gubernur, sedangkan Mambang Mit sebagai calon wakil Gubernur.

Haji Raja Mambang Mit juga Ketua DPD Partai Demokrat Propinsi Riau, Partai ini peraih suara nomor dua terbanyak berhak mengusung cagubri dan Cawagubri 2013. kini beliau menjabat sebagai Wakil Gubernur Riau hasil Pilgubri 2008 dulu. bahkan relawannya telah mendeklarasikan sebagai calon Gubernur Riau periode 2013.

3. Haji Indra Muchlis Adnan

Indra Muchlish Adnan ini memang gaul “kama namua” pakaian ala Sunan besorban oke, pakaian bergaya umum juga oke. (istilahnya kanan kiri oke ji).

Indra Muchlis Adnan dua periode terpilih sebagai Bupati Inhil (Indra Giri Hilir), beliau juga Ketua DPD Partai Golkar Propinsi Riau.berkemungkinan beliau ikut serta sebagai peserta Pilgubri 2013. dari pantauan wartawan Koran ini keliling Riau,baliho bergambar beliau pake kaca mata ratusan terpasang di pinggiran jalan dari desa hingga daerah kabupaten/kota sepropinsi riau.

Pada pemilu lalu Partai Golkar pemenang suara terbanyak, parpol (Partai Politik) ini berhak mengusung cagubri dan cawagubri sendiri.dalam sebuah kesempatan ia menyatakan optimis menang jika pemilihan dilakukan oleh DPRD. (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah).

4. Jon Erizal

Jhon Erizal selama ini berdomisili di ibukota Negara yaitu jakarta, warga kelahiran Bengkalis ini duduk sebagai bendahara umum Partai Amanat Nasional (PAN). pekerjaan pengusaha.

Partai berlambang matahari ini berkemungkinan akan mencalonkan beliau sebagai Cagubri atau wagubri pada Pilgubri 2013 esok. melihat tingkat kepopuleran beliau masih rendah di tengah masyarakat riau. Warga kabupaten bengkalis saja tak ada yang kenal dengan beliau semuanya, selama ini Jhon Erizal berkiprah kancah perpolitikan nasional.

Bila Partai PAN Ngotot juga mengusung beliau untuk calon Gubernur Riau periode 2013-2018 sama dengan membuang uang ke laut. (tingkat kepopuleran jhon masih rendah). kedua PAN harus berkoalisi dengan Partai lain. jumlah kursi di DPRD Propinsi tak mencukupi 9 kursi.

5.Muhammad Lukman Edy

Mantan Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kabinet Indonesia bersatu (KIB) jilid I juga anggota DPR Ri sudah menyatakan kesiapannya ikut Pilgubri. sedangkan Partai kebangkitan Bangsa (PKB) tidak cukup jumlah kursi pada DPRD Riau harus berkoalisi dengan partai lain. Adik Bupati Inhil Haji Indra Muchlis Adnan ini siap pulang kampung untuk ikut Pilgubri 2013. baliho bergambar beliau sudah terpasang di jalan-jalan protocol kota maupun kabupaten se-riau

6. Herman Abdullah

Haji Herman Abdullah SE.MM dua periode menjabat walikota Pekanbaru juga ketua KOSGORO. beliau sedang giat-giatnya mensosialisasikan/berkunjung ke tengah masyarakat.

Herman Abdullah kalah dalam pemilihan ketua DPD partai Golkar Riau bersaing dengan Indra muklish Adnan beberapa tahun yang lalu

dalam beberapa kesempatan sudah menyatakan siap maju sebagai calon Gubernur Ia juga sudah melakukan pendekatan terhadap sejumlah partai untuk minta dukungan. Semula ia bersedia jadi wakil, namun belakangan lebih bersemangat menjadi calon gubernur.

7.Annas Maamun

Bupati Rokan Hilir ini sempat membantah akan maju pada Pilgubri bersama Yopi Arianto, namun berdasarkan keterangan salah seorang pengurus partai, ia telah melakukan pendekatan untuk maju. Sebagai calon Gubernur Riau untuk periode 2013-2018. politisi gaek ini juga ketua Golkar DPD Kabupaten Rokan Hilir. entah perahu apa yg akan dipakainya untuk mengarungi “samudra politik” pilgubri 2013.

8. Wan Abubakar

Mantan Gubernur Riau dan juga mantan Wakil Gubernur Riau yang kini menjadi anggota Komisi IV DPR RI tersebut sudah menyatakan keinginan untuk maju, tetapi belum jelas partai apa yang akan mengusungnya. Padahal wan anggota DPR Ri berasal dari Partai PPP (Partai Persatuan pembangunan)

9. Azis Zainal

Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Riau yang kini menjadi anggota Komisi C DPRD Riau tersebut memang belum mengumumkan keinginannya maju, tetapi selain mengandalkan partainya, Azis juga sudah mendekati sejumlah partai untuk minta dukungan, termasuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

10. Achmad

Bupati Rokan Hulu ini memang sama sekali belum menunjukkan gelagat maju ke permukaan publik, tetapi dari informasi yang diterima riauterkini dari seorang pengurus partai, tokoh satu ini sudah datang dan merundingkan dukungan untuk maju. Kabarnya, Ketua DPC Partai Demokrat Rohul ini juga sudah meloby sejumlah pihak di DPP partainya untuk mendapat dukunga, meskipun sikap PD sudah resmi mendukung Mambang Mit.

11. Septina Primawati Rusli

Meskipun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari yang bersangkutan untuk maju ke Pilgubri, namun berdasarkan informasi istri Gubri ini berpotensi untuk meramaikan pesta demokrasi lima tahunan. Perahu yang diincar tentu Partai Golkar. Oh ya septina barusan kalah dalam Pemilihan walikota Pekanbaru. berkemungkinan septina untuk posisi wakil gubernur.

12. Syamsurizal

Mantan Bupati Bengkalis Dua periode menjabat Bupati bengkalis dan mantan Pejabat Walikota Pekanbaru ini diam-diam ternyata sudah melakukan konsolidasi untuk ikut Pilgubri 2013. Bahkan Partai Gerindra sudah didekati, meskipun belum final. Posisi yang diincar adalah Gubernur Riau. Syamsurizal kini sebagai ketua Harian PB PON Riau.

Bahkan syamsurizal ikut nebeng dalam kegiatan PON mendeklarasikan sebagai calon Gubernur Riau saat rapat sosialisai PB PON di dumai.

pengamat Pilgubri, kita mengingatkan kepada calon gubernur ini bila terpilih suara terbanyak jangan korupsi, serta menjaga marwah adat melayu riau yg religius dan bermartabat. untuk efek jera bila oknum petinggi riau ini ketahuan korup maka masyarakat riau berhak menghukumnya dengan hukum adat yaitu mengusir dari bumi lancang kuning ini. ketu ajisutisyoso.(didi).


Artikel Lainnya:

 

Syahril: 448 Siswa SMK Kansai Menamatkan Studi Tahun 2016 Ini
Rabu, 04 Mei 2016

KOPI, Pekanbaru - Ketua Yayasan Kanada Sakura Indonesia (Kansai) Dr H Syahril SPd MM, juga calon Walikota Pekanbaru mengatakan tahun ajaran 2015-2016, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kansai, siswa-siswi yang mengikuti Ujian Nasional sebanyak 449 orang. Seluruh siswa tersebut dikembalikan kepada orang tua mereka masing-masing usai tamat belajar dari sekolah. Kini jurusan di SMK Kansai bertambah yakni Jurusan Pengoperasian dan Perbaikan alat... Baca selengkapnya...

Pokdakan Sakato Raih Terbaik Satu Tingkat Sumatera Barat
Senin, 18 April 2016

KOPI, Pasaman - Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Sakato jorong Koto Panjang, Nagari Lansek Kadok, Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman, berhasil raih juara I penilaian kinerja kelembagaan perikanan budidaya tingkat Propinsi Sumatera Barat tahun 2015. Pokdakan Sakato memperoleh hadiah berupa, 1 unit notebook, 1 unit printer, 1 buah tabung oksigen portable dari Dinas Perikanan dan Kelautan serta piagam penghargaan dari Gubernur Sumatera... Baca selengkapnya...

Peringati HUT Kopassus Ke-64, KASAD Puji Prestasi Kopassus Dalam Menangani Aksi Terorisme
Sabtu, 16 April 2016

KOPI - Ditengah - tengah hangatnya situasi keamanan didalam negeri, sebagaimana diketahui pada akhir bulan Maret kemarin, kita telah dikejutkan dengan penyanderaan 10 warga Indonesia oleh kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina.     “Saya mengapresiasi kecepatan reaksi prajurit – prajurit Kopassus, khususnya satuan 81 penanggulangan teror dan Grup 3/Sandhi Yudha yang dalam waktu singkat telah siap melaksanakan tugas untuk melepaskan... Baca selengkapnya...

Dewan Adat Nasional Selenggarakan Pertemuan Konsolidasi
Kamis, 14 April 2016

KOPI, Jakarta - Dewan Adat Nasional (DAN) yang terdiri atas para raja dan sultan nusantara menyelenggarakan pertemuan nasional selama dua hari, 13-14 April 2016, di Jakarta. Para tokoh masyarakat bergelar Raja dan Sultan dari seluruh Indonesia menghadiri Pertemuan Konsolidasi tersebut. Diantara yang hadir, antara lain YM Prof. DR. Al-Habib Husein Abdulhadi Sulaeman dari Kesultanan Pajajaran dan YM DT. Dr. Ir. Muhammad Subur Sembiring dari... Baca selengkapnya...

Ditegur Kapolda, Polres Belu Kembalikan ID Card dan Tape-recorder Pewarta PPWI
Sabtu, 09 April 2016

KOPI, Jakarta - Kapolres Belu, AKBP Putu Gede Artha, melalui Kanit Buser Polres Belu bernama Timi, akhirnya mengembalikan ID Card dan alat perekam suara (tape recorder) milik anggota PPWI, Felixianus Ali, di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Pengembalian barang-barang milik Felix, demikian ia sehari-hari disapa, dilakukan pada Jumat kemarin, 8 April 2016, di Kantor Polres Belu. Demikian laporan disampaikan Felix dari Atambua.  ... Baca selengkapnya...

Salut Pemerintah Jkw-Jk, Bagi-bagi Hutang Pinjaman Negara ke Perusahaan Swasta
Sabtu, 09 April 2016

KOPI, Jakarta - Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan Pemerintah telah menipu rakyatnya sendiri. Dulu pinjaman uang dari Tiongkok dengan total US$ 3 Miliar setara 43,28 Triliun untuk membiayai pengembangan infrastruktur dan perdagangan.   Nyatanya uang tersebut lebih banyak disalurkan dan dipinjamkan ke beberapa  perusahaan BUMN dan swasta yang tidak ada korelasinya ketus Ajisutisyoso Pengamat Ekonomi dan Politik Indonesia singkatan... Baca selengkapnya...

Walikota Dumai Bertemu Investor Jepang Bahas Proyek Pengolahan Air Teknologi Canggih
Rabu, 06 April 2016

KOPI, Dumai – Kendala selama ini masyarakat Dumai sulitnya mendapat air bersih saat musim kemarau, maka Pemkot (Pemerintah Kota) Dumai melakukan terobosan bagaimana masyarakatnya dapat mengkomsumsi air bersih higienis.Yakni mengolah air laut, air payau menjadi air tawar yang langsung di konsumsi oleh masyarakat, untuk mewujudkan mimpi tersebut  walikota Dumai mendatangkan investor berasal dari negaraJepang. Dumai merupakan kota pelabuhan,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALKemeriahan Aneka Kapal layar di Teluk Sa.....
02/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Selamat bagi Anda semua yang menyukai laut. Saat ini di kota Sabang berlangsung kegiatan akbar berupa festival kelautan atau yang terk [ ... ]



DAERAHPemerintah Subsidi 80 Persen Asuransi Sa.....
03/05/2016 | Mardinal

  KOPI,Sarolangun- Premi sebesar Rp.200.000 untuk satu ekor sapi diperuntukkan bagi petani peternak sapi dan 80 per-sen subsidi ditanggung oleh P [ ... ]



EKONOMIProduk Lokal Inspirasi Trademark Market.....
02/05/2016 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Kreatifitas  jadi inspirasi Trademark Market dalam mengkampanyekan masyarakat agar mencintai produk lokal, salah satunya Kota Bandu [ ... ]



HANKAMDandim Makassar Jefri Octavian Rotti Ter.....
25/04/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Makassar- Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan yang merusak nama institusi TNI bukan berasal dari eksternal melainkan oknum anggota TNI ter [ ... ]



OLAHRAGAGowes Jelajah Titik Nol Banda Aceh.....
02/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Ribuan masyarakat di kota Banda Aceh dan sekitarnya tumpah ruah di lapangan Blangpadang untuk gowes bersama. Pada hari Minggu, 30 Apri [ ... ]



PARIWISATALiburan Long Weekend 5 – 8 Mei 2016, A.....
03/05/2016 | Yeni / Pri

KOPI – Menyambut liburan long weekend yang jatuh pada 05 – 08 Mei 2016, Ancol sebagai destinasi wisata terlengkap dan terbesar di Jakarta, telah m [ ... ]



OPINILima Fokus Kegiatan Pemkab Nias Barat ya.....
02/05/2016 | Kurnia Gulo, A.Ma.Pd

KOPI - Dalam rangka menyongsong program 100 hari kerja, sebagai orang nomor 1 yang baru di jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Bupati Nias Barat, [ ... ]



PROFILIbunda Mantan Gubernur Aceh Telah Tiada.....
13/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Duka cita sedang meliputi keluarga besar mantan Gubernur Aceh Syamsuddin Mahmud.Ibunda ya [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAOrigenes Wanimbo: Orang Asli Papua Milik.....
30/04/2016 | Dody Muhamad

KOPI - Berbagai dinamika dan perselisihan di masyarakat Papua belakangan ini baik antar kelompok, individu, golongan hingga yang mengarah ke Suku Ras  [ ... ]



ROHANIMengisi Bulan Rajab 1437 H.....
27/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta- Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimulai oleh Allah SWT. Bulan rajab juga terkenal dengan sebutan bulannya Allah SWT. Bulan Raja [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIPemadaman Listrik di Lampung Barat.....
18/04/2016 | Ari Kusmiran

  KOPI, Lampung Barat - Pemadaman Listrik di bumi Lampung Barat hampir setiap hari terjadi, bahkan didalam satu hari bisa terjadi pemadaman 2 sampai [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.