Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

SILAHKAN KLIK BANNER DI BAWAH INI DAN IKUTI SEMINAR MAHA PENTING YANG AKAN DISELENGGARAKAN DI GEDUNG NUSANTARA V, KANTOR MPR/DPR/DPD RI, SABTU 11 NOVEMBER 2017... AYOOO BURUAN DAFTAR, KETIK HADIR#NAMA-LENGKAP#KAB/KOTA DOMISILI/NOMOR-HP, KIRIM KE NOMOR HP/WA: 081371549165 (SHONY)

LSM Indonesia Law Enforcement Monitoring, Tuding Dugaan Pengaturan Lelang Proyek di PTPN V

KOPI, Pekanbaru- Ditempat kerjanya , Kang mas Sutisyoso menuturkan “ Direktur Utama , manajemen , pegawai BUMN (Badan Usaha Milik Negara ) ikut mengatur lelang proyek melalui sistim online (internet) atau membagi-bagikan kue proyek ke rekanan-rekanan (red. Pengusaha) kroni-kroninya, Pecat saja Pak kementrian BUMN oknum tersebut . Ini memperjelek kinerja pemerintahan Jokowi- Jusuf Kalla menumpas KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) Cakap “ Pengamat Kinerja Perusahaan BUMN/BUMD Indonesia.

Saya (didi) memasukan penawaran kerjasama promosi dan publikasi, serta menawarkan berlangganan koran selalu ditolak oleh Humas PTPN V dengan berbagai alasan ini dan itulah dulu. Kami memohon kepada Kementrian BUMN segera mutasi seluruh jabatan Direksi, Direktur serta manajemen perusahaan tersebut.

Ini buktinya pembaca setia Pewarta- Indonesia.com. Direktur Indonesia Law Enforcement Monitoring (Inlaning), Dimpos saat ngobrol –ngobrol dengan pers, Senin (6/11/2017) lalu mengatakan pelelangan proyek di PTPN V yakni sistim e-proc dilakukan tertutup dan sudah berlangsung lama.

"Menurut laporan, ini sudah berlangsung lama dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini. Kami banyak menerima laporan terkait lelang proyek di PTPN 5," ungkapnya.

Menurutnya, ini sudah tidak sesuai lagi dengan UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Permen BUMN Nomor PER-05/MBU/2008 tentang Pedoman Pengadaan Baran dan Jasa BUMN, yang mengedepankan prinsip Efisien, Efektif, Kompotitif, Transparan, Adil dan Wajar serta Akuntabel.

"Bagaimana mungkin menerapkan prinsip itu jika pemenang lelang sudah ditentukan sebelum ditayangkan. Bagaimana mungkin PTPN 5 bisa untung besar dibandingkan BUMN lainnya yang lebih kecil, namun untungnya besar," katanya.

PT. Perkebunan Nusantara V telah melakukan sejumlah Sistem e-procurement (e-proc) yang diterapkan secara tertutup, membuat sejumlah pihak bertanya-tanya, dan malah diduga sarat praktek Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Hampir 75 persen dari ratusan paket lelang proyek PTPN V diduga terindikasi terjadi pengaturan sebelum lelang.

PTPN V Membantah Pengaturan Lelang bagi Rekanan

Terkait itu diatur sendiri oleh Surat Keputusan (SK) Direksi PTPN 5 yang jadi patokan pengadaan barang dan jasa yang telah menyimpang dari Perpres Nomor 54 tahun 2010.  (red. ini sudah melanggar aturan Presiden bro).

"Namun aturan itu semua diabaikan yang kalah dengan modus pertemanan dan lainnya, untuk sementara itu yang kami terima laporannya. Jika ada pemenang yang diluar kesepakatan langsung dipanggil, tapi jika membandel maka pencairan dipersulit," terangnya.

Dari hasil diskusi, pihaknya secara informal dengan pihak Badan Pengawasan Keuangan PKP biasanya sebelum dilelang spefisikasi teknis pengadaan itu sudah diatur bekerjasama dengan rekanan yang dielus-elus oleh oknum 'orang dalam'.

"Jadi saat lelang spek di RKS (Rencana Kerja Syarat) diarahkan ke rencana mereka. Dengan modus ini, banyak hal yang mungkin bisa terjadi, ada mark up, pengaturan, pembagian fee ke si A dan B," sebutnya. (red. Jangan lupa bro bagi-bagi fee proyek itu ).

Sementara ditempat terpisah, Asisten Paur Humas PTPN 5, Rizky Atriyansyah saat ditanya mengenai persoalan tersebut, dirinya membantah. Apa yang dikerjakan katanya, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Perusahaan telah melaksanakan lelang melalui proses eproc sesuai aturan yang berlaku dan terbuka serta fair sehingga dapat dipertanggung jawabkan," kata Rizky saat dikomfirmasi, Selasa (7/11/2017). Dilansir dari Hallo Riau.

Ia menjelaskan, dalam proses lelang sudah mengacu kepada standar perusahaan dan perundang-undangan yang berlaku, prosesnya dilakukan secara transparan, terkait paket bisa dilihat disitus.

"Masalah paket disitus bisa dilihat, lalu dipahami ada beberapa jenis lelang yang diatur oleh UU kita dan diaplikasi di perusahaan," pungkasnya.

Semuanya itu berdasarkan nilai hingga klasifikasi dari pekerja itu sendiri. Kalau yang melihat situs e-proc PTPN 5 atau PTPN 3 bukanlah daftar rekanan terseleksi atau DRT perusahaan tentu yang bisa dilihatnya hanyalah pelelangan umum dan terbatas yang nilainya di atas Rp50 miliar.

Kini ribuan jumlah media online , Pewarta Indonesia.com merupakan Media online Standar Internasional ( World Class) kami menjalin kerjasama dengan berbagai negara di dunia . Berita kami bisa di baca oleh masyarakat internasional any time, any where , translate delapan  bahasa dengan mengklik  bendera dipojok kanan layar komputer Anda . Silahkan baca ketik di Google.com “ Operasional Fee“ klik. Percayakan Publikasi Anda ke Kami.

"Itu bisa diikuti oleh yang tidak rekanan perusahaan sekalipun. Sedangkan untuk paket pekerja nilainya Rp. 200 juta hingga Rp. 50 miliar maka tergolong pelelangan sederhana dan hanya bisa dilihat pengumumannya oleh daftar rekanan terseleksi yang bisa login ke e-proc perseroan," terangnya.

Termasuk pemilihan langsung dan penunjukan langsung, ditambahkannya yang nilai Rp.200 juta ke bawah hanya DRT yang mengakses informasinya, yang jelas hal tersebut mengacu kepada peraturan direksi holding PTPN III No 3.00/PER/41/2016 tentang pedoman umum pengadaan barang dan jasa PTPN III dan PTPN I sampai dengan 14.

"Yang mana peraturan tersebut juga merujuk kepada UU PT 40/2007, UU BUMN 19/2003, PP 72/2014 hingga Permen BUMN 15/2012 tentang PBJ BUMN," pungkasnya. (didi)

Teks Foto. Direktur Utama PTPN V, Fauzi Yusuf (duduk) bersama jajaran Direksi (dari kiri ke kanan), Direktur Pengembangan Berlino Mahendra Santoso, Direktur Keuangan Pontas Tambunan, Direktur SDM/Umum Syamsul Rizal Lubis dan Direktur Produksi Suharjoko. (foto humas ptpn v)

Teks Foto II. Kantor PTPN V. (foto.net)

 


Artikel Lainnya:

 

Pengukuhan Jendral (Pol) Tito Karnavian Raih Gelar Profesor , Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir. Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri, dikukuhkan... Baca selengkapnya...

Polda Riau Rilis Data Perbandingan Operasi Zebra Tahun 2016 dengan 2017
Selasa, 14 November 2017

KOPI, Pekanbaru - Polda Riau Perbandingkan Operasi Zebra Siak Tahun Lalu dengan Operasi Zebra Siak 2017. A). Perbandingan pelanggaran lalu lintas selama 12 hari pelaksanaan Ops Zebra Siak 2017 dengan Ops Zebra Siak 2016, sbb : 1. Tilang Ops Zebra Siak 2016 sebanyak 5.370 kasus, sedangkan untuk Ops Zebra Siak 2017 pelanggaran tilang sebanyak 10.463 kasus. Trend 5.093. 95 %. 2. Teguran Ops Zebra Siak 2016 sebanyak 2.469 kasus, sedangkan untuk... Baca selengkapnya...

Tokoh Nasional Bakal Getarkan Munas PPWI ke-2 dan Seminar Nasional
Kamis, 02 November 2017

KOPI, JAKARTA - Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pewarta Warga Nasional (DPN PPWI) akan menggelar hajatan besar Kongres Nasional ke-2 tahun 2017 sekaligus Seminar Nasional dengan tema: "Mari Wujudkan Komunitas Masyarakat Indonesia yang Cerdas Informasi Melalui Peningkatan Kualitas dan Moralitas Pewarta Warga". Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga selesai, dipusatkan di Ruang... Baca selengkapnya...

Yuk Sukseskan Kongres ke-2 PPWI Tahun 2017 dan Seminar Nasional
Kamis, 02 November 2017

KOPI, JAKARTA - Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pewarta Warga Nasional (DPN PPWI) akan menggelar hajatan besar Kongres Nasional ke-2 tahun 2017 sekaligus Seminar Nasional dengan tema: "Mari Wujudkan Komunitas Masyarakat Indonesia yang Cerdas Informasi Melalui Peningkatan Kualitas dan Moralitas Pewarta Warga". Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga selesai, dipusatkan di Ruang... Baca selengkapnya...

Pemuda/i Adalah Ujung Tombak Pembangunan NKRI
Sabtu, 28 Oktober 2017

KOPI, JAKARTA - Sumpah pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah bangsa ini, yang membuktikan bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia sudah ada dan bersatu. Hal ini tentunya masih segar dalam ingatan kita bersama, walau sudah 89 tahun silam, sumpah ini takkan pernah usang dimakan oleh waktu dan selalu dikumandangkan para pemuda Indonesia disentero negri yang berlambangkan Pancasila, kata tokoh muda Sumbar Ahmad Bram... Baca selengkapnya...

Pengamat: Segera Usut Pemberi Izin Lahan Gambut Masa Pemerintahan Terdahulu
Senin, 23 Oktober 2017

KOPI, Jakarta – Di tempat kerjanya, Goh Pheng Pek menuturkan, “Izin konsensi penanaman di tanah gambut yang dimiliki oleh perusahaan RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) pada masa sebelum pemerintahan Joko Widodo dengan Jusuf Kalla. Kami meminta kepada institusi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk segera menangkap dan mengusut segera siapa-siapa saja oknum yang terlibat dalam pemberian izin lahan gambut kepada perusahaan APRIL Group... Baca selengkapnya...

Ini Bukti Pembangkangan Manajemen Perusahaan RAPP Terhadap Pemerintah RI
Senin, 23 Oktober 2017

KOPI, Jakarta - Sekjen (Sekretaris Jendral) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjelaskan kronologis penolakan Rencana Kerja Usaha milik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan sikap membangkang perusahaan terhadap aturan pemerintah.     Bambang Hendroyono menuturkan proses penolakan RKU milik RAPP sudah dimulai sejak Mei lalu. Kementerian juga terus melakukan pengarahan dan meminta seluruh perusahaan yang mengajukan RKU... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALCantiknya Gadis Mualaf Asal Korea S.....
16/11/2017 | Didi Rinaldo
article thumbnail

KOPI, Malaysia – Ayana mengunggah puluhan foto selfie dirinya dengan mengenakan jilbab. Dengan kulit putih yang dibalut dengan kerudung, kecantik [ ... ]



NASIONALSimposium Nasional Kebudayaan Digelar 2 .....
20/11/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI), bekerjasama dengan Persatuan Purnawirawan Angkatan Dar [ ... ]



DAERAHBanyak Genangan Air dan Rembesan, Gedung.....
09/11/2017 | Muhammad Effendi

Bupati Kendal,dr.Mirna Annisa dengan Dirut RSUD H. Soewondo Kendal, dr. Sri Mulyani, Sp.A, M.Kes KOPI, Kendal - Dalam mengembangkan pelayanan RSUD  [ ... ]



PENDIDIKANMahasiwa Itenas Ciptakan Mobil Listrik R.....
15/11/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung – Mahasiswa Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung berhasil menciptakan kendaraan roda empat yang diberi nama Evhero. Evhero m [ ... ]



EKONOMIToshiba Bangun Perluasan PLTU Cirebon.....
19/11/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung – Toshiba Energy Systems & Solutions Corporation (ESS), Minggu (19/11) mengumumkan pekerjaan konstruksi perluasan Pembangkit Listrik [ ... ]



HANKAMDandim Rembang Letkol Darmawan Setiyadi.....
13/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Rembang – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ zaman kini lancang tangan bisa berabe. Apalagi sekelas Dandim (Komandan Kodi [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATAPelabuhan Ulee Lheu Sudah Dangkal, Kapal.....
05/10/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh- Dalam beberapa minggu terakhir ini aktivitas pelayaran dari pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menuju pelabuhan Balohan Sabang terjadi k [ ... ]



HUKUM & KRIMINALModus Penipuan Tawarkan Investasi Akh.....
14/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Rokan Hulu – Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto melalui Kapolsek Kabun AKP Masjang Efendi saat ngobrol dengan wartawan, Senin (13/11/2017) ma [ ... ]



POLITIKLaskar Muda Hanura (Lasmura) Aceh Didekl.....
09/11/2017 | Rachmad Yuliadi

KOPI, Banda Aceh - Beberapa partai politik pastilah mempunyai organisasi lain yang berada dibawah partai tersebut. Seperti partai Hanura yang mempunya [ ... ]



OPINI“Jangan Ambil Uangku, Ibu!” Refleksi.....
18/11/2017 | Harjoni Desky

Pak Ahmad sudah 2 tahun ini menjadi peserta asuransi. Saat menjadi peserta asuransi, ia sengaja merahasiakan keanggotaannya kepada istrinya, karena ia [ ... ]



PROFILDulu Anak Tukang Kayu, Kini Polisi Kand.....
16/11/2017 | Didi Rinaldo

  KOPI, Bangka Belitung - Seorang polisi berseragam lengkap tampak memacu sepeda motornya ke dalam kebun yang berjarak dua jam perjalanan dari Pan [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABupati Aceh Jaya Kukuhkan IKAJAYA Period.....
07/11/2017 | Rachmad Yuliadi

KOPI, Banda Aceh - Kabupaten Aceh Jaya merupakan kabupaten yang baru didirikan yaitu pada tahun 2002 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Bara [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIPencabutan nomor urut Calon Kepala Desa .....
30/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Siak Hulu – Pemilihan kepala desa tinggal  menghitung  hari, para calon kepala desa gencar mensosialisasikan visi misi mereka dalam spanduk/ [ ... ]



SERBA-SERBIBabul Jannah Travel Buka paket Promo Ful.....
07/11/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

Buat saudara Muslim yang merindukan kembali ke BAITULLAH kami siap membantu dengan senang hati, dapatkan kemudahan ber UMRAH bersama “BabuljannahT [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.