Ceramah Parenting IKKT PRAGATI Wira Anggini

0
34

Pewarta-Indonesia, Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini menyelenggarakan acara Tatap Muka dengan Ketua Umum dan Ceramah Parenting kepada lebih dari 450 anggota IKKT Pragati Wira Anggini yang diselenggarakan di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap, Selasa (15/6). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-44 IKKT Pragati Wira Anggini tahun 2010.

Ketua Umum IKKT Pragati Wira Anggini Ibu Angky Djoko Santoso dalam acara Tatap Muka kembali mengingatkan bahwa ibu – ibu anggota IKKT mempunyai peran ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga dan sebagai isteri prajurit TNI. Hal tersebut merupakan pemahaman yang harus benar – benar dipahami sehingga anggota IKKT dapat mewujudkan keluarga yang sejahtera, harmonis dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Peran sebagai ibu rumah tangga bukanlah tugas yang ringan. Sebagai pendamping suami, tentunya seorang isteri harus mampu memberikan dukungan terutama secara moril kepada suami sehingga suami dapat melaksanakan tugas negara dengan nyaman dan tenang. Sebagai ibu rumah tangga, tugas yang diemban tidak hanya mengurus anak, rumah dan suami. Pergaulan dengan masyarakat sekitar harus diperhatikan, sehingga sebagai anggota IKKT, ibu – ibu dapat memberikan contoh dan tidak bersikap eksklusif di lingkungannya.

Anak merupakan titipan Tuhan yang wajib dibimbing, dididik dan dipertanggungjawabkan. Baik buruknya generasi penerus bangsa semua tergantung dari cara orang tua mendidik sejak awal. Banyak anak-anak dan remaja saat ini menjadi korban narkoba dan pornografi, salah satu penyebabnya adalah kemajuan tehnologi yang sangat pesat. Banyak orang tua memberikan fasilitas kemajuan tehnologi kepada anak-anak seperti TV, jaringan internet dan HP, namun dalam penggunaannya orang tua kurang kontrol dan tidak mendampingi anak- anaknya.

Mendidik anak bukanlah perkerjaan mudah, terkadang hal yang kita anggap baik untuk mendidik anak ternyata malah menjerumuskan mereka dalam perkembangan psikologi yang menyimpang. Terlalu otoriter akan mengakibatkan anak menjadi rendah diri di kemudian hari, terlalu bebas akan mengakibatkan si anak merasa semua yang dikerjakannya adalah benar. Ibu Lia Dinnia S.Psi dan Kolonel Kes Drs Firman Hakim Psi memberikan cara – cara mendidik anak sejak dini sehingga psikologi anak akan berkembang sesuai dengan petumbuhannya.

Parenting adalah cara bagaimana menjadi Ibu dan Ayah yang baik dalam keluarga. Adapun hal yang paling mendasar dalam parenting adalah membangun komunikasi yang cerdas dalam keluarga. 5 Fungsi komunikasi adalah untuk perubah sikap, persepsi dan perilaku, agar bisa saling mengerti dan toleransi atas perbedaan pendapat, membangun kerjasama dalam keluarga untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, mengembangkan hubungan antar manusia agar terjadi kesejahteraan masyarakat umum dan membangun ketahanan keluarga.

Perkembangan psikologi anak akan terganggu bila dalam suatu keluarga terjadi konflik pertikaian. Adapun konflik pertikaian keluarga terjadi karena perbedaan kebutuhan, budaya, kebiasaan, adanya orang ketiga, lemahnya basic pernikahan (secara spiritual, psikologis dan ekonomi) serta kurangnya komitmen kedua belah pihak.

Ketua Umum IKKT Pragati Wira Anggini mengharapkan dengan adanya ceramah Parenting ini, anggota IKKT Pragati Wira Anggini akan semakin protect baik terhadap suami maupun anak, sehingga akan terwujud keluarga TNI yang sejahtera dan harmonis, dengan demikian keberadaan IKKT Pragati Wira Anggini akan semakin bermanfaat dalam membangun ketahanan keluarga.