Jelang Pilpres, Jakarta Status Siaga

0
25

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Menjelang pemilihan presiden (pilpres) Rabu 8 Juli nanti Polda Metro Jaya menetapkan situasi keamanan di jakarta dalam status Siaga I dan menurunkan 16.500 personil di puluhan ribu TPS yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

Kondisi ini ditetapkan aparat kepolisian setelah melihat suhu politik yang semakin meningkat dari hari ke hari menjelang pilpres.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol, Drs Wahyono menegaskan, potensi kerawanan diprediksi polisi di wilayah Jakarta mulai dari tahap pemungutan suara di TPS wilayah hukum Polda Metro Jakarta hingga selesai dilakukan penghitungan suara.

“Kami sudah melakukan berbagai antisipasi, deteksi dini, dan melakukan strategi pencegahah agar tidak terjadi gangguan keamanan dalam masyarakat,” ujar Kapolda Metro Jaya pada apel gelar pasukan persiapan pilpres di Mapolda Metro Jaya, Senin pagi.

Sementara Kapolres Jakarata Utara, Kombes. Rycko A. Dahniel mengatakan, penyebaran jumlah anggota dalam penempatan di lokasi tergantung banyaknya jumlah pemilih, jarak dari lokasi TPS, hingga riwayat kerawanan komplik di lokasi tersebut.

“Ada 5 TPS dijaga 2 polisi, 10 Linmas. Ada juga 10 TPS dikawal 2 polisi dan 20 Linmas. Jadi tergantung kondisi lokasi TPS,” kata Kapolres, Senin (6/7) saat apel kesiapan Pilpres di halaman Polres Jakut bersama Walikota, Dandim, Yon Arhanud, dan unsur terkait lainnya.