KASAD: `Tegakkan Netralitas dalam Pilpres`

0
37

Pewarta-Indonesia, JAKARTA –  Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo, menegaskan  anggota TNI Angkatan Darat agar meningkatkan kewaspadaan dan ketanggapsegeraan menjelang Pilpres 2009, terhadap setiap perkembangan situasi yang dapat menggangu stabilitas keamanan nasional, serta tetap menegakkan netralitas TNI dalam Pilpres 2009 mendatang.

Kasad dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Koordinator Staf Ahli Kasad Mayjen TNI Dahler Syaiful Hasibuan ketika memimpin Upacara Tujuh Belasan di Lapangan Upacara Markas Besar Angkatan Darat, Senin, (18/5).

Kasad mengungkapkan, Pemilu Legislatif  9 April lalu, masih menyisakan berbagai persoalan, baik permasalahan administrasi maupun permasalahan hukum, yang menimbulkan rasa ketidakpuasan sebagian kontestan peserta pemilu. Permasalahan tersebut sudah ditindak-lanjuti oleh KPU, pemerintah, dan aparat kepolisian untuk diselesaikan secara arif dan bermartabat, melalui jalur hukum, sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku, ujar Agustadi.

Dalam menyikapi dinamika perkembangan situasi keamanan nasional, pada kondisi tertib sipil, Kasad berharap agar tugas bantuan Angkatan Darat kepada Polri, senantiasa mempedomani Surat Keputusan Panglima TNI Nomor : Skep/244/VI/2006 tentang Bantuan TNI kepada Polri, sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Semua patut bersyukur, kata Jenderal Agustadi, bahwa pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009 dapat terselenggara dengan lancar dan aman.  “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit Angkatan Darat, atas pelaksanaan Netralitas TNI dalam  Pemilu Legislatif  9 April lalu. Dan saya berharap komitmen ini agar senantiasa dipertahankan dalam Pilpres 2009 mendatang” tegasnya. (*)