Kerjasama Komandan Satuan melalui Konferensi Sektor Timur Unifil

0
35

Pewarta-Indonesia, Adshit Al-Qusayr (13/01) – Kegiatan Sector East Commander’s Conference adalah sebagai salah satu wahana berdiskusi dan berbagi informasi serta jam komandan bagi seluruh pejabat Komandan Satuan dan Staf di jajaran Sektor Timur UNIFIL. Demikian dikatakan Komandan Satgas (Dansatgas) Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-D/UNIFIL (United Nation Interim Force in Lebanon), Letkol Inf Andi Perdana Kahar didampingi Kasi Operasi – Kapten Inf Arfan Johan, saat menghadiri Konferensi Sektor Timur Unifil yang dipimpin langsung oleh Komandan Sektor Timur UNIFIL – Brigjen Casimiro Sanjuan Martinez (Spanyol), di Markas Sektor Timur UNIFIL UN POSN 7-2, Marjayoun, Selasa (12/01/2010).

Konferensi diawali dengan kegiatan Office Call, dimana seluruh pejabat Komandan Satuan berkumpul di Ruang VIP Officer Club, berdiskusi dan bertukar informasi serta menerima pengarahan dan petunjuk langsung dari Komandan Sektor Timur dalam suasana yang akrab diselingi dengan ramah tamah.

Selesai kegiatan Office Call, seluruh Komandan Satuan beserta pejabat Kepala Seksi Staf Umum Sektor dan perwakilan Perwira Staf masing-masing satuan, melaksanakan kegiatan inti konferensi di Ruang Brifing Sektor Timur. Agenda konferensi meliputi sambutan Komandan Sektor, diikuti dengan sambutan Kepala Staf Sektor, paparan Kasi Sektor meliputi Kasi Intelijen, Kasi Operasi dan Kasi CIMIC serta paparan seluruh Komandan Satuan setingkat Batalyon, meliputi Danyon Nepal, India, Indonesia, Malaysia dan Spanyol serta Komandan Sempu Indonesian MP.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Sektor Timur menekankan keberadaan Sektor Timur UNIFIL sebagai satuan multinasional setingkat Brigade yang harus mengedepankan kerjasama dan persatuan yang utuh tanpa melihat asal negara satuan tersebut berasal, sehingga tugas pokok pemeliharaan perdamaian di wilayah Lebanon Selatan dapat terlaksana dengan maksimal. Kerjasama tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan, apabila dilaksanakan dengan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing satuan serta diikuti dengan berbagi informasi tugas secara transparan dan tepat waktu.

Lebih lanjut, Brigjen Casimiro Sanjuan Martinez mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh staf dan para Komandan Satuan atas kerjasama dan pelaksanaan tugas selama kurun waktu kepemimpinan beliau sebagai Komandan Sektor Timur yang baru terhitung sejak tanggal 15 Desember 2009, yang telah berjalan lancar dan aman.

Kegiatan Sector East Commander’s Conference diakhiri dengan pelaksanaan foto bersama dan makan siang di Ruang VIP Officer Dining Room Sector East.