Menpera dan Panglima TNI Canangkan Pembangunan Rusunawa Mabes TNI

0
49

Pewarta-Indonesia, Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) – Muhammad Yusuf Asyari dan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso mencanangkan Pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Mabes TNI di Jati Makmur Bekasi, Rabu (2/9). Pencanangan ditandai dengan penekanan tombol sirene dan pemasangan beton bangunan. Pada tahun 2009 akan dibangun Rusunawa TNI sebanyak 11 twinblock yang terdiri dari Rusunawa Mabes TNI 2 twinblock, Rusunawa Mabes TNI AD 3 twinblock, Rusunawa Mabes TNI AU 2 twinblock dan Rusunawa Mabes TNI AL 2 twinblock, dengan sumber pendanaan dari Stimulus Fiskal 2009.

Menurut Panglima TNI, proyek pembangunan Rusunawa tersebut merupakan bagian integral dari proses pelaksanaan Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, yang antara lain menyatakan, Prajurit yang profesional, adalah prajurit yang dipersenjatai secara modern, dididik dan dilatih secara baik dan ditingkatkan kesejahteraannya secara memadai.

Selain itu, juga merupakan bagian dari upaya dan bukti komitmen kuat pimpinan TNI dalam mengupayakan peningkatan kesejahteraan, dalam rangka mendukung dan menyukseskan tugas pokok TNI, baik di bidang Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Sementara Menpera mengatakan bahwa pembangunan Rusunawa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan perumahan dan pemukiman sebagai komponen pembangunan prasarana perkotaan yang berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan penduduk dan sosial ekonomi masyarakat, sejak dikeluarkannya Perpres No. 62 tahun 2005, banyak sekali permintaan bantuan pembangunan (Stimulan) Rusunawa, terlihat dari jumlah proposal permohonan bantuan akan Rusunawa dari berbagai daerah yang disampaikan kepada Kementerian Negara Perumahan Rakyat.

Sementara itu di sisi lain kemampuan pemerintah di dalam penyediaan dana untuk pembangunan dalam rangka stimulan tersebut masih sangat terbatas. Untuk itu upaya pelaksanaannya dilakukan melalui beberapa saringan dan prioritas serta beberapa persyaratan yang telah ditentukan, diantaranya dana pengelolaan dapat disiapkan dari pengguna, jaringan listrik maupun jaringan air bersih ke lokasi komplek Rusunawa diusahakan dari dana Pemerintah Daerah atau dari dana rektorat masing-masing. Tegas Menpera.

Pembangunan Rusunawa di beberapa instansi TNI tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan prajurit, sekaligus sebagai pembelajaran bagi keluarga prajurit bagaimana hidup dan tinggal di Rumah Susun, untuk itu program pengelolaan perlu mendapat perhatian kusus dari pihak Panglima TNI.

Rusunawa Mabes TNI tersebut dibangun di atas lahan Komplek Dephan/Mabes TNI Jati Makmur, Bekasi seluas kurang lebih 498.400 m2. Sedangkan Rusunawa Mabes TNI AD terletak di 3 lokasi yaitu Rusunawa Kodam Jaya akan dibangun di Jati warna Pondok Gede Bekasi dengan luas area kurang lebih 6.800 m 2; Rusunawa Kopassus akan dibangun di Cijantung Pasar Rebo Jakarta Timur dan Rusunawa Kodam V/Brw dibangun di Sawonggaling Surabaya. Rusunawa Mabes TNI AL akan dibangun di Sunter Jakarta Utara dan Rusunawa TNI AU akan dibangun di wilayah Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

Sumber image: google.co.uk