NU Blitar Ikut Perangi Terorisme

0
28
Pewarta-Indonesia, BLITAR – Upaya memerangi terorisme tidak hanya dilakukan oleh aparat keamanan saja, tetapi juga ormas keagamaan. Hal tersebut tampak dalam program Turun ke Bawah (Turba) yang digelar oleh PC NU Kabupaten Blitar pertengahan Agustus yang lalu. Menurut Ketua PC NU Kabupaten Blitar KH. Nur Hidayatullah (3/9), pihaknya memusatkan Turba di 4 daerah yaitu Kecamatan Wonodadi, Sutojayan, Wlingi, dan Talun.

Turba yang diikuti oleh ratusan pengurus Ranting dan Majelis Wakil Cabang (MWC) tersebut memang tidak secara khusus menyoroti masalah terorisme. “Namun materi yang disampaikan diantaranya tentang kewaspadaan terhadap terorisme,” ujar Hidayat ketika ditemui di Kantor PC NU Jalan Masjid.

Hidayat menambahkan, Turba tersebut bertujuan untuk mengantisipasi makin maraknya generasi muda yang terpengaruh oleh ajaran Islam garis keras. “Ajaran Islam yang selama ini berbeda dengan (ajaran) NU, yaitu Islam yang tidak pakai kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” tambah Hidayat. Selain itu, Ponpes-Ponpes NU juga siap menerima dengan terbuka pemberian materi seperti Wawasan Kebangsaan.

Sementara, mengingat begitu kompleksnya permasalahan terorisme, maka tidak cukup ditangani oleh TNI/Polri, namun juga harus melibatkan ormas-ormas keagamaan. Sayangnya gagasan tersebut nampaknya masih belum dapat diterapkan. Seperti yang tampak pada tidak disertakannya Pengurus NU dalam sosialisasi kewaspadaan terorisme yang digelar oleh Pemkab Blitar beberapa waktu lalu. “Kami tidak mendapatkan undangan dari Pemkab Blitar,” imbuh Hidayat.(chy)