Panglima TNI Menerima Dubes Negara Sahabat

0
25

Pewarta-Indonesia, Panglima TNI – Jenderal TNI Djoko Santoso hari ini, Selasa (6/10) secara berturut-turut menerima kunjungan kehormatan Duta Besar negara sahabat di Mabes TNI, Cilangkap, Yang Mulia Mayor Jenderal Nanda Mallawarachichi, Duta Besar Srilanka Mr. Stefan Rozkopal, dan Duta Besar Slovakia untuk Indonesia. Kunjungan dimaksudkan untuk mempererat hubungan kedua negara, khususnya antar Angkatan Bersenjata.

Dubes Srilanka – Mayjen Nanda M. yang turut menyaksikan upacara Peringatan ke-64 Hari TNI, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi terhadap TNI yang memperlihatkan keterampilan mengagumkan saat upacara. Sekaligus mengharapkan adanya peningkatan kerja sama antar TNI dengan AB Srilanka. Antara lain berupa tukar kunjungan pejabat militer, pendidikan dan latihan.

Selain pendidikan Sesko Angkatan yang telah diikuti perwira Srilanka selama ini, Dubes mengajukan usulan untuk pendidikan Sesko TNI dan pendidikan perwira pertama, termasuk pendidikan yang bersifat teknis kemiliteran. Demikian juga kelanjutan kunjungan perwira siswa Sesko Srilanka ke Indonesia, diharapkan dapat berlangsung pada masa ke depan.

Dengan Dubes Slovakia, perbincangan berkisar pada industri pertahanan. Seperti diketahui bahwa Chekoslovakia dahulu merupakan produsen alat pertahanan terbesar keempat di dunia dan Slovakia yang kini merupakan negara berdiri sendiri menjadi produsen kendaraan militer terbesar. Produksinya dahulu menjadi andalan Marinir, khususnya tank amfibi.

Mr. Stefan yang telah 10 tahun bertugas di Indonesia (sebelumnya sebagai Wakil Duta Besar), mengaku kagum atas komitmen perubahan yang dilakukan oleh TNI. Dari militer yang sebelumnya terlibat dalam politik, beberapa tahun terakhir bahkan bisa menjadi motor penggerak perubahan dalam sistem kenegaraan Indonesia.

Menanggapi keinginan tamu kehormatan, Panglima TNI yang didampingi Asintel Panglima TNI – Mayjen TNI Anshory Tadjudin dan Kapuspen TNI – Marsda TNI Sagom Tamboen mengatakan bahwa kesempatan bagi perwira Srilanka untuk belajar di Indonesia sangat terbuka lebar. Demikian juga rencana tukar menukar kunjungan pejabat. Khusus keterlibatan Srilanka dalam latihan pasukan perdamaian dunia (Garuda Shield 2009) di Bandung bulan Juni 2009 lalu, Panglima TNI memberikan apresiasi.

Mengenai kerja sama di bidang industri pertahanan dengan Slovakia, Jenderal TNI Djoko Santoso menyarankan agar disampaikan melalui Dephan RI. Sedangkan peralatan militer yang ditawarkan, dikatakan untuk langsung dibahas bersama pejabat terkait di Indonesia atas koordinasi Dephan RI.