Peringatan Nuzulul Qur’an di Mabes TNI

0
32

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Nuzul Qur’an adalah diturunkannya Kita Suci Al-Qur’an dari Lauhil Mafud ke langit pertama dengan sekaligus, tanpa suara, tanpa huruf, karena Allah SWT tidak terbatas dengan zat apapun.  Demikian petikan ceramah rohani K.H. Othman Qomar Shihab didepan para prajurit TNI dan PNS TNI pada peringatan Nuzulul Qur’an 1430 H di GOR A. Yani Mabes TNI Cilangkap, Senin (7/9).

Lebih  lanjut K.H. Othman Qomar Shihab mengatakan,  bahwa isi dari Kitab Suci Al-Qur’an bagi umat muslim tidak akan keluar dari visi dan misi para Nabi mulai dari Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW. Pertama,  Tauhid atau  Akidah. Kedua, Syariah atau Fiqih dan Ketiga, Akhlak atau Alqarimah.

Tauhid dibagi menjadi 3 bagian ; Pertama, Tauhid Maarifatullah yang artinya mengenal Allah SWT. Kedua,  Maarifatunubuan yang artinya mengenal para Nabi, dan yang ketiga,  Almaat yang artinya mengenal hari lahir.    Tauhid  berasal dari kata Wahada Yuwahidu Tauhidan yang artinya meng-Esakan Allah, dengan nama lain aqidah dari aqodah mengikat ikatan hubungan seorang hamba dengan sang pencipta-Nya.   Apa yang Allah inginkan hanya satu,  ”Jangan Duakan Aku”.    Oleh karena itu dosa apapun yang dilakukan oleh hambanya,  pasti akan diampuni oleh Allah SWT kecuali perbuatan/dosa syirik, tegas K.H. Othman.

Diakhir acara Nuzulul Qur’an, Panglima TNI dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Irjen TNI – Letjen TNI Liliek AS. Sumaryo, S.IP mengatakan semoga uraian hikmah Nuzulul Qur’an yang disampaikan KH. Othman Shihab dapat menyentuh kalbu dan menerangi pikiran kita, sehingga meningkatkan rasa optimisme dan Insya Allah dapat menjadi motivator dalam setiap pelaksanaan tugas kedinasan, kehidupan bermasyarakat serta kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adapun tema peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini, yaitu ”Melalui Peringatan Nuzulul Quran tahun 1430 H/2009 M kita tingkatkan kesolehan pribadi dan kesolehan sosial prajurit TNI guna kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas”, dengan harapan agar para prajurit dan PNS TNI dapat mengambil hikmahnya guna memantapkan keimanan dan ketakwaan prajurit dan PNS TNI di lingkungan Mabes TNI khususnya.  Panglima TNI menekankan kepada prajurit dan PNS TNI, semoga dengan peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini, kita semua dapat menumbuhkan rasa kecintaan dan kesadaran akan pentingnya Kitab Suci Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan peraturan dalam setiap pelaksanaan tugas dan kewajiban sebagai hamba Allah.     (Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi)

BAGIKAN
Berita sebelumyaMalaysia, The Trully Maling Asia?
Berita berikutnyaPembukaan Geladi Yudha Dharma DIKREG XXXVI SESKO TNI
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.