Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-F Kembali ke Tanah Air

0
31

Pewarta-Indonesia, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso menerima Satgas Kompi Zeni (Kizi) TNI Konga XX-F/MONUC 2009, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jum’at (23/10). Upacara penerimaan Satgas Konga XX-F dihadiri antara lain oleh Kasad, Kasal, Kasau, Kasum TNI, Irjen TNI, para Asisten Panglima TNI dan Kapuspen TNI.

Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan, penugasan misi perdamaian dunia dibawah bendera PBB merupakan bentuk kepercayaan sekaligus pengakuan dunia internasional terhadap bangsa dan negara Indonesia, khususnya TNI. Oleh sebab itu sudah selayaknya terus kita jaga dan tingkatkan, melalui dedikasi, loyalitas dan berbagai keberhasilan nyata.

Keikutsertaan TNI dalam berbagai misi perdamaian dunia guna mewujudkan perdamaian abadi merupakan komitmen TNI terhadap amanat Konstitusi sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD RI Tahun 1945, kemudian mengalir kedalam negara UU Nomor 3/2002 mengenai pertahanan negara dan UU nomor 34/2004 tentang TNI, menjadi landasan, jiwa, semangat dan nilai-nilai dasar perjuangan TNI, untuk ikut serta secara aktif dalam berbagai tugas dan misi perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri Indonesia.

Menurut Panglima TNI, tugas menjaga perdamaian dunia merupakan tugas yang luhur dan mulia serta membanggakan. Bukan saja mengangkat citra satuan dan TNI, tetapi juga citra dan harumnya nama bangsa dan negara di forum internasional. Lebih dari itu, tugas selama satu tahun di Kongo, juga menjadi salah satu catatan sejarah nasional maupun dunia internasional.

Panglima TNI juga berpesan, laksanakan proses konsolidasi, tuntaskan semua kegiatan administrasi dan investigasi penugasan baik bidang personel, materiil, sarana dan prasarana, sosialisasikan pengetahuan dan ketrampilan yang positif dan bermanfaat selama pelaksanaan tugas kepada rekan maupun satuan, sebagai salah satu bagian dari pembinaan satuan dan peningkatan kualitas pengabdian, perkokoh kepribadian, jati diri dan identitas sebagai Prajurit Sapta Marga, asah pengetahuan dan ketrampilan serta pelihara kesiapan fisik dan mental guna menyongsong tantangan tugas selanjutnya.

Kontingen Garuda Kompi Zeni XX- F/ Monuc yang berjumlah 174 orang dengan Komandan Satgas Mayor Czi Sugeng Hariyadi Yogo Pranowo, telah bertugas selama satu tahun dalam penugasannya Satgas Kizi ini membuat perbaikan jalan Dungu-Duru sepanjang 80 meter, renovasi kantor Walikota Dungu dan perawatan Bandara Dungu.