TNI AU Selidiki Jatuhnya Heli di Lanud Atang Sanjaya

0
43

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Pihak TNI AU hingga saat ini masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat helikopter jenis Puma milik TNI AU di Lanud Atang Sanjaya Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/6) siang tadi.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Bambang Sulistyo, faktor cuaca untuk sementara dikesampingkan karena ketika peristiwa terjadi cuaca cukup bagus di sekitar Lanud Atang Sanjaya Bogor.

Sementara mengenai kemungkinan faktor human error atau masalah teknis, Marsma Bambang mengatakan, faktor-faktor tersebut akan diselidiki oleh tim dari TNI AU. Saat ini, ungkapnya, yang dilakukan adalah menyelamatkan data pasca kecelakaan.

Seementara itu, Komisi I DPR RI Bidang Pertahanan dan Keamanan melihat bahwa sejumlah kecelakaan yang menimpa pesawat milik TNI belakangan ini bukan hanya masalah teknik tetapi juga berkaitan dengan pembinaan personil dan masalah pengawasan.

Hal itu dikatakan anggota Komisi I DPR RI Bidang Pertahanan dan Keamanan, Happy Bone Zulkarnain saat dihubungi Pewarta-Indonesia, Jumat (12/6).

Happy Bone menilai, seharusnya ada satu pengecekan yang benar-benar akurat, sehingga jika telah dipastikan bahwa pesawat dan juga personil layak terbang maka baru penerbangan dapat dilakukan. “Saya khawatir hal seperti ini kurang cermat dilakukan,” ungkapnya.