TNI Dan USARPAC Adakan Kegiatan APMMC XX Tahun 2010

0
34

Pewarta-Indonesia, Tentara Nasional Indonesia (TNI) bekerjasama dengan United States Army Pacific (USARPAC) akan menyelenggarakan Asia-Pacific Militery Medicine Conference (APMMC) XX tahun 2010 yang akan berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 3 sd. 7 Mei 2010. Menurut rencana kegiatan tersebut akan dibuka oleh Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, di Hotel Shangri La Jakarta, Senin 3 Mei 2010.

APMMC XX tahun 2010 dengan tema “Pemahaman mengenai persoalan APMMC melalui koordinasi dan kolaborasi regional” adalah merupakan konferensi kesehatan militer multilateral yang dirancang dalam berbagai forum kegiatan pada tataran kebijakan sampai pada forum teknis yang membahas tentang permasalahan kesehatan militer yang berkembang di kawasan asia pasifik.

Kegiatan APMMC XX 2010 akan diikuti oleh 450 peserta yang berasal dari 38 negara Asia Pasifik dalam bentuk forum ilmiah ; Plenary presentation, Breakout presentation, Poster viewing, Simulation dan cultural event serta kunjungan wisata pada daerah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Adapun tujuan APMMC adalah untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah personel kesehatan TNI khususnya dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan kawasan dan global, meningkatkan kerjasama konferensi kesehatan dan interelasi antara militer negara-negara Asia Pacific dan saling tukar menukar informasi dan pengetahuan tentang tugas pokok masing-masing kesehatan militer antara negara-negara Asia Pacific.

Sementara, sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan APMMC adalah terjalinnya kerjasama kesehatan militer negara-negara Asia Pacific dalam penanggulangan penyakit yang ada di kawasan Asia Pacific dan bagi TNI dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan berdasarkan perkembangan IPTEK terkini bidang kesehatan sebagai dampak dari pertukaran pengetahuan dan teknologi antara negara-negara Asia Pacific.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan APMMC dilaksanakan dalam bentuk Konferensi / Seminar yaitu berupa paparan ilmiah dan diskusi dari masing-masing delegasi tentang metode dan teknologi bidang kesehatan terkini, termasuk penanggulangan berbagai masalah akibat penyakit maupun bahaya / bencana alam pada kondisi kegawatdaruratan medik. Senior delegates meeting, merupakan pertemuan dan diskusi pada tingkat Delegasi senior atau pimpinan delegasi yang membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan kebijakan dalam implementasi tugas pokok masing-masing. Selain itu dapat dijadikan sebagai wahana saling tukar informasi dan alih teknologi kesehatan militer antara negara-negara Asia Pasifik dan Cultural activities / kunjungan wisata, merupakan kegiatan yang ditujukan untuk lebih mengenal budaya dan wisata Indonesia.