Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Warta Berita Hukum & Kriminal Kasus Pembebasan Lahan KIB dan Pelabuhan Tj Buton Siak, Rugikan Keuangan Negara Rp. 28 - Rp. 60 M.

Kasus Pembebasan Lahan KIB dan Pelabuhan Tj Buton Siak, Rugikan Keuangan Negara Rp. 28 - Rp. 60 M.

KOPI, SiakSrindrapura - Lembaga Swadya Masyarakat (LSM) Komunitas Pemberantas Korupsi tingkat DPP menilai kinerja anti rasuah atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, bersama lembaga Kejaksaan dan Kepolisian lamban dalam menangani kasus dugaan korupsi dan pembebasan lahan Kawasan Industry Buton (Kib) dan Pelabuhan Tanjung Buton, di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak tahun anggaran 2003-2004 silam.

Lembaga kemasyarakatan yang anti dengan korupsi itu, mendesak agar kasus dugaan rekayasa ganti rugi lahan/tanah untuk warga masyarakat, disertai dengan dugaan korupsi secara bertahap yang bersumber biaya APBD tahun 2003-2004 sebesar Rp. 28.111.307.300 atau Rp. 28,1 miliar dan tahun 2006 mencapai Rp. 60 miliar, secepatnya dapat dituntaskan oleh lembaga hukum yang membidangi tindak pidana korupsi (Tipikor).

Syafrizal, Wakil Ketua Umum lembaga Komunitas Pemberantas Korupsi (LSM KPK) mengatakan, KPK, Kejaksaan dan Kepolisian, dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum terutama dalam memberantas tindak pidana korupsi dapat bekerja professional, sehingga proses hukum dapat benar-benar dirasakan masyarakat.

Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir, lembaga hukum KPK, Kejaksaan dan Polri sudah mengantongi setumpuk kasus korupsiyang diduga terjadi diwilayah daerah Kabupaten Siak, Riau yang telah disampaikan dan diterima dari elemen masyarakat. Namun, hingga kini belum ada tindak lanjut hingga sampai pada tingkat Pengadilan Tipikor.

“Kami berharap agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan dan Polri dapat mengusut tuntas semua dugaan korupsi yang saat ini sedang ditangani, termasuk kasus proyek pembebasan lahan untuk kawasan industry dan pelabuhan Tanjung Buton Kabupaten Siak di Kecamatan Sungai Apit yang ditengarai banyak masalah dan sarat dengan manipulasi data yang diduga dilakukan oknum-oknum pejabat tertentu di Pemda Siak.” tegas Syafizal.

Syafizal berjanji akan mengawal sampai tuntas adanya kasus dugaan rekayasa ganti rugi lahan/tanah untuk kepentingan pembangunan kawasan industry dan pelabuhan Tanjung Buton Kabupaten Siakyang disertai dengan dugaan korupsi puluhan miliar itu.

Pemalsuan Tandatangan warga Pemilik Puluhan Hektare Tanah.

Dimana dugaan korupsi berjamaah tersebut terjadi, berawal dengan rekayasa hingga pemalsuan tanda tangan para pemilik puluhan hetar are tanah/lahan (warga) Desa Sungai Rawa dan Desa Mengkapan Kecamatan Sei Apit, Siak.

Selain itu jelas Syafrizal, lahan/tanah (fiktif) yang diduga penuh rekayasa, diklaim milik PT. Trisetya Usaha Mandiri (PT.TUM), padahal bukan.

Seperti yang muncul dan ramai diperbincangkan sebelumnya, masalah pembebasan lahan fiktif yang diklaim milik PT. Trisetya Usaha Mandiri (PT.TUM) di Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit seluas 4.003,62 hektar (Ha) telah dibayar dengan menggunakan dana APBD tahun 2003-2014 sebesar Rp. 9,6 miliar (Rp9,616,903,000).

Kemudian, tanah milik warga Desa Sungai Rawa dan Desa Mengkapan , Kecamatan Sungai Apit yang dibebaskan yang di klaim pemiliknya bermacam-macam nama diantaranya bernama huruf G, S, P (asal catut) serta nama orang lain yang bukan warga setempat atau tidak kenal (misterius).

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum media ini, dalam melakukan pembayaran uang ganti rugi pada pembebasan tanah yang berada didaerah Tanjung Buton Siak, Desa Sungai Rawa dan Desa Mengkapan Kecamatan Sei Apit tersebut, Pemda Siak membuat surat daftar nama-nama masyarakat yang menerima uang sebagai pengganti rugi lahan Kawasan Industry Buton (KIB) dan pelabuhan tanjung buton Siak.

Lalu, ada puluhan nama pemilik lahan yang tidak jelas (siluman) yang di klaim dalam surat daftar nama-nama masyarakat menerima uang pengganti rugi lahan di Desa Sungai Rawa dan Desa Mengkapan Kecamatan Sungai Apit tersebut.

Sementara, warga masyarakat yang telah bertahun-tahun menempati lahan dan resmi memiliki surat keterangan kepemilikan tanah dari pemerintah desa setempat, justeru tanda tangan masing-masing mereka (warga) direkayasa/palsu dalam dokumen rincian penerimaan uang pengganti rugi lahan.

Bukan itu saja, tepi sungai yang notabene kawasan hutan milik Negara, ikut korban untuk dibayar ganti rugi oleh Pemda Siak-Riau. Hal itu semuanya dibuktikan dengan surat Bupati Siak, nomor 100/TP/200/X/2003 tanggal 21 Oktober 2003 tentang pelaksanaan sosialisasi harga pembebasan lahan buton di Desa Mengkapan dan Desa Sungai Rawa.

Diberitakan beberapa edisi sebelumnya, mantan Bupati Siak H. Arwin AS, SH membantah adanya pernyataan mantan Kabag Tata Pemerintahan, Drs. H. Said Ariffadillah sekarang Kepala DPPKAD Setda Kabupaten Siak yang berupaya untuk menyeret dirinya masuk dalam pusaran kasus korupsi pembebasan lahan/tanah untuk kawasan industry dan pelabuhan Tanjung Buton tahun anggaran 2003-2004 silam itu.

“Pembebasan untuk kawasan industri dan pelabuhan buton memang kebijakan pemda, tapi jika ada permainan diluar itu adalah merupakan tanggungjawab bupati,” pungkas Arwin saat dihubungi lewat via henphon seluler pribandinya kepada Harian Berantas, Selasa (28/08/2016) tahun lalu.

Sebelumnya H. Arwin AS,SH kepada media mengatakan jika lembaga antirasuah atau KPK RI, sudah menangani dugaan korupsi pembebasan lahan di Desa Sungai Rawa dan Desa Mengkapan Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak sebesar Rp28,1 miliar lebih itu.

Masih menurut Arwin AS, Kabag Tata Pemerintahan Siak saat itu, Drs. H. Said Ariffadillah pernah dipanggil dan diperiksa oleh Johan Budi SP ketika menjabat juru bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, hingga saat ini belum ada kelanjutannya dari pihak antirasuah (KPK).

Masalah pembebasan lahan untuk kawasan industry dan pelabuhan Tanjung Buton itu, sudah pernah ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Kala itu, Saya pernah dijumpai oleh Kabag Tata Pemerintahan Siak, Ariffadillah mengenai masalah ganti rugi lahan untuk kawasan industry dan pelabuhan Tanjung Buton Siak, dia Ariffadillah sudah minta maaf ke saya. Ariffadillah juga mengaku kalau dia ada dipanggil dan diperiksa oleh penyidik KPK. Yang memanggil dan memeriksa dia (Ariffadillah) saat itu, langsung Johan Budi” ungkap Arwin.

Sementara, Drs. H. Said Ariffadillah sekarang Kepala DPPKAD Siak saat ditemui awak media, mengaku hanya menuruti perintah pimpinannya saat itu yakni mantan Bupati dan Wakil Bupati yang dinakhodai H. Arwin AS,SH bersama Drs H. Syamsuar MSi termasuk Alm Sekda Siak, Adli Malik.

“Kalau memang saya salah, dilapor saja ke Jaksa. Biar Jaksa memanggil dan memeriksa saya. Sebab, masalah pembebasan lahan kawasan industri Tanjung Buton di Desa Sungai Rawa dan Desa Mengkapan itu dulu, Saya di suruh oleh pak Bupati, Arwin bersama wakilnya pak Syamsuar untuk membayar ganti rugi lahan”, ujar Ariffadillah.

Lebih lanjut Said Ariffadillah mengatakan, masalah dugaan korupsi ganti rugi tanah kawasan industry Tanjung Buton di Desa Sungai Rawa maupun tanah/lahan di Desa Mengkapan Kecamatan Sungai Apit, tidak pernah masalahnya ada di media untuk di beritakan Wartawan yang ada di Kabupaten Siak.

"Selama ini, tak ada satu pun Wartawan di Siak ini yang menulis di media kalau ganti rugi tanah/lahan itu bermasalah. Karena kawan-kawan Wartawan di Kabupaten Siak ini, semuanya kita rangkum untuk kita jadikan mereka sebagai kawan. Tentu kalau saya dipanggil atas kasus ini, saya akan memenuhi para penegak hukum itu. Biar saja nanti hukum yang membuktikan," kata Arifadillah lagi.

Ketika ditanya media apa dasar hukum Pemda Siak membayar ganti rugi tanah/lahan milik Negara seluas 4.003,62 hektar (Ha) kepada PT. Trisetya Usaha Mandiri yang hanya memiliki Izin HPL HGU, tapi izin HPL HGU-nya pun telah berakhir pada tanggal 19 September 1998, serta kawasan pinggir sungai milik Negara ikut serta diganti rugi untuk dibayar dengan menggunakan uang negara?.

Dengan terbata-batanya Said Ariffadillah menjawab Wartawan,, Saya ketika itu hanya menuruti perintah dari pimpinan saya pak Arwin, Syamsuar dan (alm) Sekda Adli Malik. Makanya saya bilang, tak satu pun Wartawan di Siak ini yang menganggap ganti rugi tanah masyarakat yang dulu itu bermasalah, ujarnya.

Kemudian ditanya lagi terkait bukti manipulasi /rekayasa Pemda Siak mencatut 68 orang nama warga masyarakat ada menerima ganti rugi tanah/lahan mulai dari nilai harga Rp600/meter hingga Rp1500/meter? “Saya dalam masalah itu dulunya, hanya tergantung sama kepala desanya (Kades) saja.

Memang yang membayar ganti rugi tanah itu, saya. Tetapi jangan salah, bukan hanya saya sendiri saja yang tahu menggantirugikannya, juga banyak pejabat lainnya di Pemda Siak. Tentu bukan hanya saya aja yang dilibatkan," tandas Said Ariffadillah. (rls, didi)

Waspada !!!...Wartawan Gadungan, Sindikat Penipuan, Ngaku keluarga /Ortu wartawan penulis (red.didi), Ngaku nulis berita / print out. Wajah Palsu/Serupa, Rekaman Live Streaming video, foto editan. Anda Rugi Materi “ Lapor Polisi” Tolong masukan laporan Gugatan  Pengaduan kami ke Polisi . Pelakunya Gerombolan  "Gaek Sarap" (Sering  Mengaku 2: Famili/keluarga : Presiden , mantan Presiden , Kepala Daerah, Ketua Umum Parpol, Perwira TNI/Polri, Pengusaha, dll) akting menangis hadapan orang.  Menyamar sebagai Supir Pribadi:  Kepala daerah,Perwira TNI/Polri, penerbitan koran di Riau. (waspada kelompok ini sangat berbahays sering menjual nama orang). Tolong Tangkap. Orang capek2 nulis berita di bilang anaknya nulis.

 

 


Artikel Lainnya:

 

RSUD Sarolangun Kembali Menjadi Tempat Study Banding
Rabu, 16 Agustus 2017

KOPI,Sarolangun - Semenjak meraih akreditasi, rumah sakit umum daerah Prof DR HM Chatib Quzwen Kabupaten Sarolangun dianggap memiliki mutu dan kualitas memenuhi standart. Untuk itu RSUD Sarolangun kini telah menjadi tempat study banding rumah sakit umum baik dari luar maupun didalam daerah. Baru ini, RSUD Sungai bahar Muaro Jambi yang membawa pihak menajeman rumah sakit dan dokter sebanyak 15 orang untuk melakukan study banding di RSUD... Baca selengkapnya...

Danramil 08/Bakongan Pimpin Upacara Pengibaran 72 Bendera Merah Putih Di Pulau Dua
Minggu, 13 Agustus 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Badan SAR Nasional (Basarnas) Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan acara pengibaran Bendera Merah Putih dan penanaman terumbu karang di Pulau Dua, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (13/08/2017).   Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72. Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Danramil 08/Bakongan Kapten Inf Endang Ruhiyat dan juga Basarnas Kabupaten Aceh... Baca selengkapnya...

Bank Riau Kepri Salurkan Dana CSR kepada 20 Ribu Naker
Minggu, 13 Agustus 2017

KOPI, Pekanbaru - Bank Riau Kepri (BRK) salurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang diperuntukkan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada 20.000 pekerja rentan yang ada di Provinsi Riau pada program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).     Para pekerja yang menerima bantuan perlindungan dari dana CSR Bank Riau Kepri ini... Baca selengkapnya...

Kapolda Se Sumatera Saksikan Simulasi Pencegahan Kebakaran Hutan di Kampar
Jumat, 11 Agustus 2017

KOPI, Pekanbaru - Di tempat kerjanya, Mas Sugeng Triwardono mengatakan, ”Mutasikan saja Komandan oknum Kapolda, Danrem yang wilayahnya terjadi kebakaran hutan ini berarti sang kepala satuan TNI/Polri tersebut tidak bisa menjaga daerah teritorialnya bebas dari kebakaran hutan. Berapa ratus milyar uang negara terbuang sia-sia setiap tahun hanya untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Lebih baik uang tersebut digunakan untuk membangun... Baca selengkapnya...

Penyair Maroko Anissa Taouil Menulis Puisi dan Bernyanyi dalam Bahasa Indonesia
Jumat, 11 Agustus 2017

KOPI, Jakarta - Anissa Taouil, seorang Profesor dari Universitas Hassan II Casablanca, Maroko, merupakan seorang penyair yang menulis puisi dalam lima bahasa, yakni Bahasa Arab, Inggris, Perancis, Spanyol, dan Indonesia. Anissa, demikian ia akrab disapa, adalah orang Maroko pertama yang menulis puisinya langsung dalam Bahasa Indonesia. Dirinya menjelaskan bahwa ia telah menjalin kerajsama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rabat... Baca selengkapnya...

Mari Kita Lihat Kegiatan Liburan Presiden Rusia Putin
Minggu, 06 Agustus 2017

                KOPI, Rusia – Putin sebelum menjabat sebagai presiden Rusia pernah berfoto bersama dengan mantan Presiden Amerika Serikat yakni Ronald Reagen tahun 1988, George Bush, saat kunjungan wisata ke Amrik. Putin memang pintar menyamar sebagai turis berkunjung ke Amrik.     Presiden Rusia yang satu ini anggota KGB mahir intelijen melakukan penyamaran. (red. hanya orang yang memiliki ketrampilan intelijen khusus yang... Baca selengkapnya...

Pameran Filateli Dunia di Bandung Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
Kamis, 03 Agustus 2017

KOPI, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan rasa senangnya karena Kota Bandung dipercaya menjadi tuan rumah dalam acara pameran Filatelli Dunia Bandung 2017. Baginya, ini merupakan sebuah prestasi yang cukup membanggakan. "Saya ucapkan terimakasih kepada persatuan Filatelli Indonesia karena sudah mempercayai Kota Bandung menjadi tempat pameran Filatelli dunia Bandung 2017. Untuk menjadi tuan rumah itu ternyata diperebutkan oleh... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALPM Israel Netanyahu Tersangka Meneri.....
06/08/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Israel - Lawan politik serta partai Oposisi Israel mulai mengungkit kasus-kasus yang membelit Perdana Mentri Israel Benyamin Netanyahu. Poli [ ... ]



DAERAHDPRD Kepulauan Selayar Ketuk Ranperda Pe.....
15/08/2017 | Fadly Syarif

KOPI, Selayar - Setelah melalui tahapan pembahasan panjang melalui badan musyawarah (bamus), DPRD Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan menyatakan perse [ ... ]



PENDIDIKANAudiensi PPWI Dan Kadin Jabar, Setujui P.....
17/08/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Bandung – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Agung Suryamal, menerima Audiensi Pengurus DPD Persatuan Pewarta Warga Indonesia [ ... ]



EKONOMIidEA Apresiasi Dukungan Pemerintah Denga.....
16/08/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebagaimana kita ketahui bersama, Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SNPBE atau Roadmap e-Commerce) akhirnya  [ ... ]



HANKAMIngin Kibarkan Bendera Merah Putih, Seor.....
13/08/2017 | Haes Asel

KOPI, Aceh Selatan - Menjelang peringatan HUT RI ke - 72 tahun 2017 yang hanya tersisa waktu lima hari lagi, segala usaha pekerjaan kegiatan tindaka [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATALesehan di Atas Bukit Cara Lain Menikmat.....
13/08/2017 | Femilia Zahra

KOPI, Palu- Beberapa waktu lalu kami selaku reporter KOPI berkesempatan untuk menginjakkan kaki di kota Lembah. Entah angin apa yang membawa kami hing [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPengelola SMAK Dago Minta Hakim Tolak Gu.....
16/08/2017 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Pengelola Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Dago  Yayasan Badan Perguruan Sekolah Menengah Kristen Jawa Barat (BPSMKJB) meminta  [ ... ]



POLITIKSetelah Mendaftar ke PPP dan NasDem ‘.....
06/08/2017 | Rifnaldi
article thumbnail

KOPI, PADANG PAJANG - Setelah Drs. Yulfahmi dan Ir. H. Edwin, Sabtu (5/8) kemeren giliran Wakil Walikota dr. H. Mawardi Samah yang menyambangi Kantor  [ ... ]



OPINIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
03/08/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal t [ ... ]



PROFILJamintel Adi Togarisman: TP4 Lahir Bukan.....
09/08/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Adi Togarisman menjelaskan, ”Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4) lahir  [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAPKPA Kembali Gelar FFA dan FTA 2017.....
25/07/2017 | Sulaiman Zuhdi Manik

KOPI - Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) kembali menggelar Festival Film Anak (FFA) dan Festival Teater Anak (FTA) tahun 2017 dengan t [ ... ]



ROHANIUskup Edmund Woga: Cinta Allah Itu Tidak.....
02/08/2017 | Mohamad Nur Arifin

KOPI, NTT – “Karya Tuhan itu sungguh luar biasa. Tuhan berkarya di mana saja, kapan saja dan untuk siapa saja tanpa kecuali dalam kelimpahan cint [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIDokter Puskesmas Selat Panjang Salah Ber.....
08/08/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Selatpanjang - Pepi menceritakan, Sabtu (5/8/2017) kemaren sekitar pukul 09.00 WIB, niat hati ingin menyembuhkan penyakit yang diderita dengan b [ ... ]



SERBA-SERBI100 Mekanik Bersaing di Babak Final “C.....
10/08/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Castrol Indonesia kembali menyelenggarakan ajang tahunan bertajuk "Castrol Mechanic Contest". Kompetisi ini digelar sebagai bentuk apr [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.