Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Implementasi Nilai-nilai Pancasila di Tanah Batak Jadi Tema Bincang Focus Group Discussion FBBI

 

Foto: Pembicara (kiri), Pengurus dan Peserta FGD

 

KOPI, JAKARTA - Implementasi nilai-nilai Pancasila di Tanah Batak Bona Pasogit (kampung halaman) jadi tema perbincangan Focus Group Discussion (FGD) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI), ditengah maraknya perbincangan Pancasila di republik belakangan ini.


FBBI memilih tema Pancasila sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap Ideologi Negara, Pancasila yang harus dijaga dari rongrongan paham radikalisme dan intoleran. Namun sebagai ormas Batak, FBBI memfokuskan bahasan untuk Bona Pasogit di seputar Tapanuli dan kawasan Danau Toba, khususnya bagi generasi muda.

 

FGD yang digelar kali ini bertajuk “Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila di Tanah Batak”. Acara dilangsungkan pada Kamis sore, 28 September 2017, di kantor DPP FBBI, Jl. A.Yani, Jakarta Timur,


Sebagai pemantik diskusi, ada 2 (dua) pembicara yaitu, Danny PH Siagian, SE., MM (Ketua Dewan Pakar DPP FBBI) yang sehari-harinya sebagai jurnalis dan dosen, dan Dr (Cand) Liberty Simbolon, M.Kom (Sekretaris Eksekutif DPP FBBI) yang juga dari kalangan akademisi dan pegiat komunikasi. Sementara penanggap adalah Dr. Ronsen Pasaribu, SH, MM yang juga Ketua Umum DPP FBBI (mantan Direktur Pemberdayaan SDM BPN) dan Dr. Merphin Panjaitan (Dosen dan Penulis Buku 'Peradaban Gotong Royong’).

 

Dalam paparannya, Danny PH Siagian dengan judul makalah “Tantangan Implementasi Nilai-nilai Pancasila Bagi Pembangunan Karakter Generasi Batak Bona Pasogit di Era Milenial” mengatakan, nilai-nilai Pancasila, khususnya bagi generasi Batak di Bona Pasogit, mengalami degradasi dibandingkan era tahun ‘60 hingga ‘90-an. Namun hal ini bukan saja persoalan di Bona Pasogit, tapi juga di berbagai daerah lainnya.

 

Menurut Danny, hal itu disebabkan antara lain karena mata pelajaran Pancasila tidak lagi menjadi kurikulum wajib, sebagaimana dulu menjadi pelajaran penting di sekolah, dan terintegrasi dengan ajaran orangtua di rumah serta lingkungan. Belum lagi pengaruh Reformasi yang selalu menonjolkan demokrasi, ditambah pengaruh booming era teknologi informasi dan komunikasi yang membuai.

 

“Coba saja kita tes para siswa SMA sekarang ini misalnya. Masih lancar nggak melafalkan urutan lima sila dalam Pancasila? Apakah mereka masih bisa menjelaskan butir-butir yang terkandung dalam tiap sila itu?. Bisakah dijelaskan bentuk-bentuk implementasinya dalam keseharian?,” ungkap Danny justru mempertanyakan.

 

Sebab itu menurutnya, perlunya revitalisasi implementasi nilai-nilai Pancasila itu sendiri, untuk menjadikan generasi muda Batak, sebagai Benteng Pancasila dan berbudaya kuat. (Dans/Red)

 

“Apalagi dalam menghadapi paham radikalisme dan intoleran yang bertentangan dengan Pancasila. Belum lagi menghadapi kemungkinan munculnya pengaruh budaya luar dengan rencana pengembangan kawasan Danau Toba, yang ditetapkan Pemerintah sebagai ‘Monaco of Asia’ sebagai destinasi wisata dunia. Generasi muda Batak di Bona Pasogit harus tangguh untuk itu semua,” tandasnya.

 

Tentu, lanjut Danny, penerapan implementasi nilai-nilai itu harus kreatif dan inovatif. Sesuai dengan perkembangan informasi dan teknologi yang berbasis digitalism di Era Milenial, yang menjadi dunianya anak muda sekarang.

 

Sementara itu, Liberty Simbolon sebagai pembicara kedua, lebih menekankan revitalisasi Pancasila dari segi manajemen. Menurutnya, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yang dipadukan dengan budaya yang sudah ada, perlu disinkronisasi.

 

Menurut Liberty, saat ini Pancasila menjadi sebuah Manajemen Identitas dalam keberagaman atau bermajemuk dalam menjawab tantangan bangsa kedepan. Karena nilai-nilai yang berakar dari budaya Nusantara, terbukti Pancasila menjadi wadah pemersatu bangsa Indonesia yang beraneka ragam dan multikultural.

 

“Yang perlu kita lakukan adalah menjiwai dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

 

Sebagai penanggap khusus, Dr. Merphin Panjaitan. M.Hum mengatakan, memang seharusnya nilai-nilai Pancasila itu diterapkan kembali dalam keseharian.

 

“Terutama dalam hal bergotong-royong. Banyak tradisi yang dulu, seperti ‘marsiadapari’ (bekerjasama dalam mengerjakan sawah secara bergiliran-red) yang sudah sangat bagus dan menjadi tradisi, namun sekarang sudah tidak ada. Dan banyak lagi soal kebersamaan dan keadilan lainnya yang perlu dibangkitkan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila itu sendiri. FBBI tentu diharapkan bisa menginspirasi semua itu,” bebernya.

 

Sedangkan Ronsen Pasaribu sebagai penanggap utama mengatakan, perlunya para tetua desa atau orang yang dituakan dan disegani di desa (hatobangon), selain kepala desa dan tokoh adat, untuk mendorong implementasi nilai-nilai Pancasila itu sendiri.

 

“Sebab mereka biasanya sangat memahami dan berkompeten dalam penerapaan nilai-nilai Pancasila itu sendiri, dari sudut tradisi dan budaya di wilayah masing-masing,” jelasnya.

 

Tanggapan lainnya disampaikan Alan Sihombing, SH, Sekjen DPP FBBI, yang mengatakan mestinya menjalankan nilai-nilai Pancasila itu dengan menyadari filosofi ‘Dalihan Natolu’ (tiga tungku) dalam filosofi adat Batak. Terutama dalam menjalankan pemerintahan di daerah, dari tingkat Bupati hingga Kepala Desa.

 

Dari pantauan, diskusi berlangsung hampir tiga jam, yang diikuti sekitar 20 orang dari unsur DPP, pengurus DPD FBBI DKI Jakarta, akademisi dan aktivis seni dan budaya Batak, dengan moderator Mutiara Marbun, SH (Kepala Kantor DPP FBBI). Usai diskusi, dilanjutkan dengan launching website FBBI.

 

Mengutip pesan Presiden Jokowi pada penutupan Pertemuan Pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia di Peninsula Island, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali Selasa (26/09/2017), yang mengatakan, era keterbukaan memberikan celah bagi upaya-upaya infiltrasi ideologi yang dapat memecah belah bangsa.

 

Sebab itu, Jokowi menegaskan, untuk merawat Kebhinnekaan dan pembinaan ideologi Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia, perlu dimasukkan baik ke dalam kurikulum pengajaran maupun kegiatan pendidikan nonformal lainnya.

 

“Tanamkan bahwa kebinekaan adalah sumber kekuatan bangsa Indonesia dan betapa kita ini sangat beragam. Negara ini kokoh menjadi satu dengan dasar Pancasila. Dengan bekerja bersama, marilah kita rawat NKRI. Perkuat Pancasila, tolak radikalisme dan terorisme,” pungkasnya.

 

Turut mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir serta Gubernur Bali I Made Mangku Pastika. Acara itu diikuti 3.000-an pimpinan Perguruan Tinggi dari seluruh wilayah Indonesia. SON/DANS


Artikel Lainnya:

 

Mantan Ajudan Presiden Megawati, Budi Gunawan Kembali Jabat Ka BIN
Minggu, 07 Januari 2018

KOPI, Jakarta - Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/15/I/2018. Dalam surat tersebut BG dimutasikan menjadi Perwira Tinggi (Pati) Baintelkam Polri dalam rangka pensiun, diungkapkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal. "Pak BG pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai Polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun,... Baca selengkapnya...

Kapolri Mengakui : Ada Pungli Bidokkes , Oknum Perwira Tinggi “Wong Kito Galo” Terlibat Bro
Sabtu, 30 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Bukan rahasia umum lagi diduga penerimaan siswa calon Sekolah Kepolisian Negara (SPN) menggunakan rumus 2 F . Para orang tua yang ingin anak menjadi anggota Polri harus mempersiapkan 2 F (Fulus, Fisik). Kapolri Jenderal Tito Karnavian akhirnya pun mengakui adanya perilaku koruptif di lingkungan Biddokkes Polri. Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Yang herannya masyarakat kenapa Kapolri baru mengetahui... Baca selengkapnya...

Putin Mencalonkan Kembali Sebagai Capres Rusia
Senin, 25 Desember 2017

KOPI, Kremlin – Pria kelahiran 7 Oktober 1952 di daerah Leningrad atau St Petersburg awalnya adalah  Ia kuliah hukum dan bergabung dengan KGB setelah lulus. Putin menyamar sebagai Turis serta bertemu dengan Presiden Ronal Reagen . Saat itu Putin bertugas di Jerman timur . Sejumlah rekannya sesama agen rahasia beberapa kali menempati posisi penting di era Putin berkuasa sebagai Presiden maupun Perdana Mentri. N Kini ribuan jumlah media... Baca selengkapnya...

Paradise Paper Ungkap Kelicikan Bisnis Taipan Sukanto Tanoto
Senin, 25 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Dulu heboh Panama Paper, melibatkan para oknum petinggi negara Asia pasifik memiliki harta   dari hasil korupsi disimpan suatu bank. Serta mendirikan perusahaan fiktif untuk menghindari pajak. Kini heboh Paradise Paper , pengungkapan bisnis Taipan Sukantotanoto oleh ICJI (Jejaring Jurnalis Investigas Internasional). Nama April Group, perusahaan bubur kayu dan kertas (pulp andpaper) milik Sukanto Tanoto, disebut dalam... Baca selengkapnya...

Partai Oposisi Israel, Gotong Royong Memasukan Netayahu Kedalam Penjara
Kamis, 21 Desember 2017

KOPI, Yerusalem – Para Ketua, pengurus Partai Oposisi Israel gotong royong memasukan PM Israel Benyamin Netayahu kedalam penjara. ini buktinya pembaca setia Pewarta Indonesia dikutif dari kantor berita Ap, BBC, Media Israel. Media Israel heboh memberitakan penyidik tiba di kediaman Netanyahu sebelum 9.00, Jumat waktu setempat (15/12). Dia ditanya soal kesaksian milyuner Australia James Packer yang memperkuat kemungkinan Sang Perdana... Baca selengkapnya...

Pertemuan Prabowo dengan Pengurus Teras DPD Gerindra Jabar, Menentukan Cagub dan Wagub
Sabtu, 09 Desember 2017

KOPI, Bandung – Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menuturkan hingga saat ini Prabowo masih terus menggodok 5 nama sambil terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang akan menjadi mitra koalisi. "Belum ditetapkan. Hari-hari ini masih digodok di internal untuk kemudian dibicarakan dengan mitra PKS, PAN," ujar Sodik kepada kumparan.com , Jumat (8/12). Adapun nama-nama yang digodok itu antara lain mantan Gubernur BI Burhanudin Abdullah,... Baca selengkapnya...

Pengamat : Percepat Pergantian Panglima TNI “Hak” Presiden Bro
Jumat, 08 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Percepat pergantian Panglima TNI merupakan “Hak Presiden “ sebagai Panglima Tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Media Sosial (red. Facebook, Twitter, Istagram, WA/ What’s App, Youtube, dan lain-lain ) merespons cepat keputusan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Jendral... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALTiongkok Islam Phobia Larang Kegiatan K.....
20/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI- RRC - Ditempat kerjanya , Goh Peng Peck  menuturkan " Ketakutan Islam berkembang pesat di negara Tiongkok. Pemerintah membatasi kegiatan keaga [ ... ]



NASIONALAnak Anda Mau Jadi Anggota Polri Sia.....
29/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Sumatera Selatan – Anak Anda ingin jadi anggota Polri, siapkan 2 F (Fulus, Fisik). Netizenpun berkomentar, Akun Wesly Sneijder Ambarita menul [ ... ]



DAERAHMenteri Lingkungan Hidup Apresiasi Penge.....
22/01/2018 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar mengapresiasi perubahan-perubahan besar yang terjadi di Kota Bandu [ ... ]



EKONOMIKOMPAK Gagas Optimalisasi Pelaksanaan OT.....
22/01/2018 | Rachmad Yuliadi

KOPI,Banda Aceh-Berbicara tentang Otsus pastilah bicara tentang dana yang khusus dikeluarkan untuk Provinsi Aceh, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Ba [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATAKunjungan Turis Manca negara ke Indones.....
03/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Pariwisata andalan pendapatan negara non migas, negeri Indonesia kaya akan keindahan alam dan budayanya. Dulu para turis mancanegara [ ... ]



HUKUM & KRIMINALSerangkaian Kegiatan Budi Waseso Kepala .....
19/01/2018 | Rachmad Yuliadi

KOPI,Banda Aceh-Masalah narkoba tentu merupakan pekerjaan besar bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Aceh yang terkenal dengan ganja nomor sat [ ... ]



OPINIKali Ini Enak Ditonton.....
15/01/2018 | Siti Khumaira

KOPI - PILWAKO kali ini enak ditonton, karena semua petarungnya sama-sama sudah pernah menang dan dua diantaranya pernah pula kalah karena dicoret. "A [ ... ]



PROFILBripka Ralon Manurung Tulus Berbagi untu.....
21/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Gunung Sahilan - Ditempat kerjanya, Ucu Rosyid mengatakan “ Selama ini kami lihat Dinas Pendidikan propinsi rela menghabiskan dana puluhan mil [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAPuluhan Penyair Siap Meriahkan HUT ke-9 .....
08/01/2018 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung–Di Hari Ulang Tahunnya yang ke-9, Majelis Satra Bandung (MSB) kembali menggelar acara. Jika tahun-tahun sebelumnya ada pentas dangdu [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATILSM KPK Laporkan Polresta Pekanbaru ke.....
27/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Kasus dugaan salah tangkap oleh anggota Polresta Pekanbaru, yang dialami oleh Syamsi Ramed (21) yang diduga pelaku perampokan Teras  [ ... ]



SERBA-SERBIDipicu Facebook Blokir Akun FPI, Ratus.....
13/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Dalam rilisnya Facebook Indonesia menyatakan laman webnya  ingin menjadi tempat yang aman untuk berbagi cerita dengan teman atau [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.