Alumni Amerika Terpilih menjadi Ketua PB HMI

0
33

Pewarta-Indonesia, Jakarta – Kemandirian bangsa hanya dapat diwujudkan melalui pembangunan karakter mandiri, bebas dari jerat hutang, dan mampu mengontrol masuknya modal asing, membangun ekonomi kerakyatan, serta memanfaatkan sumberdaya alam secara bertanggungjawab. Hal itu dikatakan Muhammad Chozin ketika memberikan pidato pengukuhannya setelah terpilih menjadi Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2009-2011 dalam Kongres ke-27 di Yogyakarta, Kamis (11/6). Chozin, yang baru saja menyelesaikan studi masternya di Ohio Amerika Serikat itu, menggantikan Syahrul Effendi Dasopang yang menjabat ketua umum PB HMI sebelumnya.

Berdasarkan siaran pers yang dikirimkan Sekretariat HMI ke berbagai media massa cetak, elektronik, dan online, dijelaskan bahwa Chozin terpilih secara demoktatis unggul dari candidat lainnya dalam suasana kongres yang amat kekeluargaan. Ketika memberikan pidato sambutannya, Chozin selanjutnya juga mengingatkan bahwa HMI ke depan harus mampu berkontribusi dalam mewujudkan kemandirian bangsa.

“Kemandirian bangsa dapat diwujudkan melalui kemandirian membangun karakter building, terbebas dari jerat hutang, mengontrol masuknya modal asing, membangun ekonomi kerakyatan, serta memanfaatkan sumberdaya alam secara bertanggungjawab,” ujar Chosin.

Pria lajang yang memiliki nama lengkap Muhammad Chozin Amirullah ini lahir di Pekalongan, tumbuh besar di lingkungan Islam tradisional di Jawa. Pendidikan dasarnya lebih banyak di lingkungan pesantren, sementara pendidikan tinggi diselesaikan di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2004). Ia juga sempat kuliah di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Atas dukungan beasiswa Ford Foundation, Muhammad Chozin menyelesaikan pendidikan S2-nya tahun 2008 lalu dari Ohio University Amerika Serikat dalam bidang ilmu Internasional Studies.

Di organisasi HMI, Muhammad Chozin memulai kiprahnya sebagai Ketua Komisariat Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Selanjutnya secara berturut-turut menjabat Koordinator Komisariat (Korkom) HMI di universitas yang sama,  Korps Pengkader Cabang (KPC) HMI Cabang Yogyakarta, Sekretaris Jendral HMI Cabang Yogyakarta, dan Pejabat Sementara Sekjen PB HMI periode 2003-2005. Terakhir, ia menjadi perwakilan HMI di Amerika Serikat saat kuliah di sana. (**)

Keterangan foto: Muhammad Chozin, kiri berbaju hitam, bersama rekan-rekan (sumber foto: koleksi pribadi)