Ayo Mudik Lebih Awal….

0
30

Pewarta-Indonesia, BANDUNG – Para pemudik yang akan pulang kampung, dihimbau pergi lebih awal, agar tidak terjebak kemacetan dijalan. Jangan menunggu sampai H-3, yang diprediksi merupakan puncak arus mudik tahun ini.

Saran itu disampaikan oleh Direktur Lalulintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat, Departemen Perhubungan RI, Sudirman Lambali, di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 27 Agustus 2009.

Menurut Sudirman, setiap tahun, alat angkutan yang ada sebenarnya sudah mencukupi. Namun, lantaran dipakai secara berbarengan, maka terjadi penumpukan dan kemacetan.

“Masyarakat dimohon mengatur jadual kepulangannya, jangan semua pada H-3, sebab, pada Jum’at, 18 September 2009 mendatang, merupakan cuti bersama. Orang-orang yang tidak punya ketergantungan dengan pekerjaan, misalnya wiraswatawan hendaknya cepat pulang kampung,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari 10 provinsi yang dipantau Dephub, untuk mudik tahun ini telah disiapkan 35.000 unit bis yang akan mengangkut 16.5 juta pemudik. Kemudian 119 kapal laut untuk 10,6 juta orang, 227 kereta api yang mengangkut 3,7 juta, 276 pesawat terbang yang akan mengangkut 2.300 penumpang.  (Duddy Supriyadi)

BAGIKAN
Berita sebelumyaKami Hampir Punah!
Berita berikutnyaBrastagi – Memetik Sendiri Wortel & Brokoli
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.