Dua Ribu Rumah Bambu untuk Sumatera Barat

0
26

Pewarta-Indonesia, Ada ribuan rumah warga yang rusak parah akibat gempa yang mengguncang Sumatera Barat pada Rabu (30/10) lalu. Program rumah hunian sementara dari PMI juga menjadi target penting untuk segera direalisasikan di wilayah gempa Sumatera Barat, mengingat ada ribuan warga yang kini hidup di tenda-tenda pengungsian.

Rumah bambu, menjadi konsep unggulan PMI untuk program hunian sementara para korban gempa. Contoh rumah bambu pun sudah rampung dibangun sejak hari Minggu sore yang lalu (18/10) di halaman kampus Universitas Bung Hatta, Kota Padang.

“Ada 2.000 unit rumah bambu yang rencananya akan segera direalisasikan setelah penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan pihak pemerintah daerah setempat hari Sabtu minggu ini (24/10),” ungkap Hidayatul Irwan, Koordinator Operasional Posko PMI Daerah Sumatera Barat, Rabu sore tadi (22/10) di Padang.

Ia juga merinci ada tiga macam ukuran rumah bambu yang akan didirikan, yakni 4m x 4m, 4m x 4,5m, dan 4m x 6m. Diperkirakan, setiap unitnya membutuhkan anggaran biaya bervariasi mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta. Dengan kapasitas huni mencapai 5 orang untuk setiap unitnya, diharapkan rumah bambu ini akan membuat para korban gempa bisa mulai hidup lebih layak.

Hunian sementara ini direncanakan akan dibangun di kota Padang, Kota Pesisir Selatan, Kabupaten Pariaman, dan Kabupaten Agam. “Untuk tahap pertama, pihak PMI merekomendasikan Desa Tungkal Selatan. Lokasi ini yang mengalami kerusakan terparah karena gempa daripada desa-desa lainnya yang ada di Pariaman Utara. Tapi lokasi ini juga masih harus didiskusikan dengan pihak pemda setempat,” tutur Iwan.

Proses pembangunan rumah bambu ini hanya membutuhkan waktu 1 hingga 1 setengah hari. Ada 35 relawan PMI yang dikerahkan untuk terlibat pada tahap pertama proses pendirian rumah bambu. Mereka berasal dari PMI Cabang Padang, PMI Cabang Padang Pariaman, PMI Cabang Agam, dan PMI Cabang Pesisir Selatan.

“Mudah-mudahan, proses pembangunan rumah bambu akan berjalan dalam sepekan mendatang,” pungkas Iwan.*

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Aswi Reksaningtyas, Kepala Divisi Komunikasi Tlp.021-7992325 Ext. 201, Hidayatul Irwan, Penanggung Jawab Program Hunian Sementara Sumatera Barat bisa menghubungi PMI Daerah Sumatera Barat Tlp. 075128718, E-mail: [email protected]

Donasi Gempa Sumatera : Bank Mandiri KCP Jakarta Wisma Baja, No. Rek: 070-00-0584904-2, atas nama Palang Merah Indonesia. Khusus untuk Giro Valas USD (Dollar Amerika), lewat Bank Mandiri KCP Jakarta Wisma Baja No. Rek : 070-00-0584905-9, atas nama Palang Merah Indonesia. Donasi Bencana Umum Bank Mandiri Cabang Wisma Baja, No. Rek. 070-00001-160-17 AN. Palang Merah Indonesia.

Donasi Gempa Tasikmalaya: Untuk meringankan penderitaan korban gempa Tasikmalaya, PMI mengajak turut serta membantu melalui: Bank Rakyat Indonesia (BRI), Cabang Pancoran, No. Rek. 0390.0100.0030.303. an. Palang Merah Indonesia.

BAGIKAN
Berita sebelumyaKursus Menulis Gratis
Berita berikutnyaAsa Ini Membisu
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.