Besok, Finalisasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji Diketok Medio Juni

0
39

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Finalisasi BPIH dilakukan Senin (15/6) pekan depan pada raker DPR dengan Menteri Agama. Finalisasi dilakukan sebelum dibawa ke Presiden untuk kemudian diterbitkan Keppres. Demikian disampaikan Sekretaris Dirjen Haji Depag, Abdul Ghofur Djawahir dihubungi Pewarta-Indonesia, Jumat (12/6).

Menurut Djawahir, semula dari rapat panja DPR dengan pemerintah beberapa waktu lalu, ada kenaikan BPIH USD 84 dan penurunan untuk komponen rupiahnya rata-rata 401 ribu rupiah.

Kenaikan saat itu karena adanya kenaikan sewa pondokan dari dua ribu Real menjadi 2.500 Real perjamaah. Kenaikan USD 84 tersebut karena adanya peningkatan untuk sektor pondokan adalah USD 175, kemudian ada penurunan dari sektor penerbangan sebesar USD 91. Sehingga didapat angka USD 84. Sementara penurunan 401 ribu didapat dari penghapusan seluruh biaya dalam negeri, kecuali asuransi.

Sementara hasil rapat kerja dengan DPR Rabu malam (10/6), DPR dan pemerintah sepakat tidak ada kenaikan BPIH, karena adanya penghapusan tiga komponen biaya lagi.

Ketiga komponen itu yakni biaya makan jamaah selama di Madinah, biaya jamaah dari Jedah ke bandara dan biaya bongkar muat barang jamaah serta biaya makan jamaah sakit.

“Seluruh komponen biaya itu tidak dibebankan pada jamaah, namun dialihkan bebannya pada dana direct cost yang diambil dari hasil jasa BPIH jamaah,” terang Djawahir.(**)