Hari Ini Arus Puncak Mudik

0
24

Pewarta-Indonesia, PURWAKARTA – Puncak arus mudik Lebaran 1430 Hijiriah  terjadi sepanjang Kamis sore hingga Jumat (18/9) malam  ini. Volume kendaraan pemudik dari Jakarta yang keluar dari Gerbang Tol (GT) Cikopo menuju Pantura Subang,Cirebon,Jateng dan Jatim hingga Jumat dinihari pukul 01.00 wib meningkat tajam mencapai 33.000 kendaraan.

“Dipastikan hari ini puncak arus mudik. Kendaraan pemudik ini akan terus mengalir sampai Jumat pagi diperkirakan mencapai 40.000 kendaraan. Angka ini jauh lebih besar pada puncak arus mudik tahun lalu yang hanya 35.000 kendaraan,” jelas Kabag Ops Polwil Purwakarta, Kompol, Sambodo, saat dihubunginya, Jumat subuh.

Lonjakan arus mudik mulai terasa sejak Kamis (17/9) sore hingga membludak sampai Jumat dinihari pukul 01.00 tercatat 33 ribu kendaraan keluar dari GT Cikopo dan terus mengalir sampai Jumat subuh ini. ” Belum putus, arus terus mengalir sampai shubuh ini,” ujarnya.

Terkait lonjakan kendaraan pemudik di GT Cikopo, pihaknya memberlakukan sistem tutup buka. Bila terjadi stag atau total tak bergerak, lanjut dia, kendaraan pemudik dialihkan melalui jalur tengah GT Sadang-Kalijati-Cikamurang.

” Sejak semalam sudah kami alihkan ke jalur tengah karena Cikopo hingga Pantura padat. Kendati demikian arus masih dapat dikuasai sekalipun padat merayap,” imbuhnya sambil menambahkan, selain dialihkan ke jalur tengah, sebagian kendaraan juga diurai masuk Tol Cipularang arah selatan Jawa Barat.

Tak hanya kendaraan roda empat, sambung Sambodo, terjadi pula lonjakan pemudik bermotor menuju Pantura Subang. ” Hari ini juga sekaligus puncak arus mudik bagi pemudik bermotor,” jelasnya.

Pantauan Pos Kota mengisyaratkan, polisi ekstra kerja keras mengatur arus mudik yang terus membludak dari Kamis sore hingga Jumat shubuh. Pola tutup buka juga diberlakukan,dengan membuka seluruh pintu di GT Cikopo untuk arus keluarnya. Laju kendaraan dari Cirebon menuju Jakarta dialihkan Tol Kalihurip,Karawang.

Lonjakan berarti mulai terasa selepas salat tarawih pada Kamis malam. Polisi mengefektifkan peran jalur tengah Sadang-Kalijati-Cikamurang guna menghindari kepadatan di Pantura. Intensitas arus kendaraan pemudik yang keluar dari GT Sadang rata rata 40 kendaraan permenit, melaju lambat merayap hingga mengekor panjang.

Bagi pemudik yang hendak melakukan perjalanan mudik selepas sahur ini, dihimbau menghindari jalur pantura dan memilih memanfaatkan ruas jalur tengah dari KM 66 Tol Jakarta-Cikampek belok kiri mengambil ruas jalan Tol Cipularang, keluar dari GT Sadang menuju Subang-Cikamuran, atau diteruskan keluar dari GT Padalarang Timur langsung ke Cileunyi,Bandung terus ke Nagreg. (dadan)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPNS Diingatkan Tidak Bolos Usai Libur Lebaran
Berita berikutnyaPenulis Komik Crayon Shin-chan Hilang
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.