Jika Rinjani Meletus, Sebelumnya Gunung Barujari Dulu

0
25

Pewarta-Indonesia, LOMBOK – Anak Gunung Rinjani, yakni Gunung Barujari di Pulau Lombok setinggi 2.376 meter hingga Jumat (19/6) kemarin telah menyemburkan lava pijar setinggi 200 meter dengan radius 500 meter.

Berdasarkan pengamatan visual dari Plawangan di Sembalun, Lombok Timur beberapa waktu lalu, letusan gunung terjadi terus menerus dengan tinggi lontaran material pijar 200 meter dari lubang letusan.

Warga telah diperingatkan untuk tidak mendekat ke gunung tersebut, terutama pada akhir pekan. Hal itu karena memang biasanya banyak warga yang menghabiskan liburan akhir pekan ke Gunung Rinjani.

Kepada Pewarta-Indonesia, Sabtu (20/6), Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono mengatakan aktivitas Gunung Barujari telah mulai meningkat sejak 2 Mei lalu yang ditunjukkan dengan adanya letusan. Sejak saat itu status Gunung Barujari ditingkatkan menjadi waspada hingga saat ini.

“Aktivitas sudah meningkat sejak 2 Mei. Jika Gunung Rinjani meletus, yang sebelumnya meletus adalah Gunung Barujari,” ujar Surono.(**)

Sumber: lombok.com