Jumlah Orang yang Tewas di Jalan Raya mencapai 2.015

0
21

Pewarta-Indonesia, PADANG – Jumlah orang yang tewas di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas sejak tahun 2005 hingga kini mencapai 2.015 orang. Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Barat Komisari Besar Polisi Indrajid menilai kasus tersebut sangat mengkhawatirkan sebab kebanyakan yang meninggal pada usia produktif antara usia 18 sampai 25 tahun.

“Kasus yang paling banyak terjadi sejak tahun 2007 hingga tahun 2009. Sejak itu kasusnya terus meningkat,” kata Indrajid Selasa, (23/06).

Menurut Indrajid, faktor yang paling dominan kasus tersebut terjadi dan meningkat setiap tahun, dampak dari murahnya mendapatkan kendaraan roda dua. Sikap penggunan kendaraan yang kurang mematuhi peraturan lalu lintas, berpotensi menambah kecelakaan di jalan raya.

Sejak tahun 2007, jumlah kendaraan di Sumatera Barat dinilai tidak sebanding dengan panjang jalan.

Upaya menekan kasus kecelakaan di jalan raya, kata Indrajid dengan melakukan perubahan secara radikal, antara lain dengan membatasi pembelian kendaraan sepeda motor dan memasukkan kurikulum lalu lintas ke sekolah di samping tetap melakukan sosialisasi undang-undang lalu lintas kepada masyarakat.