Kapolri Harap Ada yang Spektakuler dalam Penangkapan Teroris Kali Ini

0
32

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri berharap ada tangkapan yang spektakuler untuk masalah terorisme. “Doakan ada yang spektakuler kami dapatkan dalam penangkapan,” kata Kapolri setelah menghadiri acara Seminar Sehari Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Polri di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (25/6). Karenanya Polri tidak akan pernah berhenti untuk masalah terorisme.

Saat ditanya apakah ada warga Singapura dalam penangkapan itu, Kapolri menjawab, “Ya..ya.” Dia juga membenarkan bila mereka merupakan buronan Singapura. Namun Kapolri menolak memberitahukan jumlah warga negara Singapura tersebut.

Mengenai proses hukum yang akan dijalani warga Singapura itu, Kapolri hanya menjawab, “Kita lihat nanti.” Dia pun menolak menjawab saat ditanya lebih mendalam mengenai penangkapan di Jawa Tengah dan Lampung itu. “Saya tidak komentar, doakan saja.”

Kapolri meminta wartawan tidak menanyakan tentang terorisme karena khawatir rangkaian penangkapan akan gagal. “Tolong jangan tanya, nanti buyar.” Menurutnya kasus terorisme berbeda dengan kasus kriminal biasa. “Ada sesuatu yang nanti malah mencelat lagi,” ujarnya.

Kapolri mengungkapkan bila penanganan teroris saat ini berbeda dengan sebelumnya. Kalau dulu, kata dia, terjadi teror dulu baru diungkap terorismenya. “Tapi sekarang belum terjadi sudah kami mampu deteksi, upaya kami agresif tapi tidak dengan pendekatan kekerasan.”

Saat ini penyidik tidak lagi menggunakan cara kasar, melainkan soft power dengan pendekatan secara kemanusiaan ke pihak keluarga. “Polri pun tidak bekerja sendiri melainkan bersinergi dengan departemen agama, sosial, dan lainnya,” kata dia. (**)

 

Sumber foto: www.lodaya.web.id