KASUM TNI : Nasionalisme Menumbuhkan Kesadaran Berbangsa

0
27

Pewarta-Indonesia, Nasionalisme adalah suatu gejala psikologis berupa rasa persamaan dari sekelompok manusia yang menumbuhkan kesadaran sebagai bangsa. Rasa kebangsaan adalah salah satu bentuk rasa cinta yang melahirkan jiwa kebersamaan untuk satu tujuan yang sama, mereka membentuk lagu, bendera, lambang yang menjadi cermin budaya bangsa. Demikian sambutan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya TNI Y. Didik Heru Purnomo yang dibacakan Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda TNI Agus Mudigdo ketika menerima kunjungan kehormatan rombongan Paskibraka, di Aula Gatot Subroto Mabes TNI Cilangkap Jaktim, Rabu (19/8).

Menyinggung semangat nasionalisme, Kasum TNI mengingatkan bahwa rasa dan semangat nasionalisme atau kebangsaan itu tidak tumbuh dengan sendirinya, tetapi akan mengalami pasang surut dalam perkembangannya. Sekali waktu akan berkurang atau melemah dan pada waktu yang lain akan bertambah atau menguat. Pertumbuhan dan perkembangannya tergantung pada bagaimana pembinaan yang dilakukan dan pada perkembangannya dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang berlaku.

Kasum TNI berharap, melalui pengalaman menjadi anggota Paskibraka, agar dijadikan sebagai titik balik untuk memperkokoh kepribadian yang dilandasi semangat nasionalisme dan kebangsaan Indonesia serta sebagai momentum pencerahan dalam perjalanan hidup adik-adik kedepan. ”Kami semua berharap adik-adik kelak tumbuh sebagai generasi penerus bangsa yang disiplin, militan, setia kawan dan bertanggung jawab kepada masa depan bangsa dan negara,” ujar Kasum TNI.

Perlu disadari, lanjut Kasum TNI, bahwa disiplin, militansi, kesetiakawanan dan tanggung jawab seperti itulah modal dasar para pejuang dan pendiri Republik ini berkat perjuangan dan pengorbanan para pendahulu. Lagu Indonesia Raya berkumandang di seluruh negeri dan bendera Merah Putih berkibar dengan megahnya mengisi angkasa raya. ”Perjuangan panjang yang penuh pengorbanan menuju kemerdekaan menggambarkan betapa mahalnya harga sebuah kemerdekaan suatu bangsa. Betapa besar perjuangan, pengorbanan, penderitaan dan jasa para pendahulu kita,” imbuhnya.

Kunjungan kehormatan rombongan anggota Paskibraka ke Mabes TNI berjumlah 66 orang, perwakilan dari 33 Propinsi dipimpin oleh Bapak Erlangga, Staf Menpora. Acara diakhiri foto bersama dengan Aspers Panglima TNI yang didampingi oleh segenap pejabat Mabes TNI.

Sumber image: google.co.uk