Ketua DPD RI Kunjungi Lokasi Gempa di Sumatera Barat

0
23

Pewarta-Indonesia, PADANG – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Irman Gusman mengunjungi beberapa titik lokasi gempa di Kota Padang, Kota Pariaman, dan Kabupaten Padang Pariaman (Sumatera Barat), Rabu (7/10). Sekaligus, ia menyerahkan bantuan DPD kepada korban gempa melalui Walikota Pariaman Mukhlis Rahman di Posko Bencana Kota Pariaman.

Didampingi tiga anggota DPD RI asal Sumatera Barat (Emma Yohana, Riza Falepi, dan Alirman Sori), Rahmat Shah (anggota DPD RI asal Sumatera Utara), dan Alwi Shihab (Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah), Irman bertemu Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi di Posko Bencana Provinsi Sumatera Barat di Padang.

Seusai bertemu Gamawan, kepada pers Irman menilai penanganan gempa telah baik, termasuk proses evakuasi dan tanggap daruratnya. Yang menggembirakan, masyarakat Sumatera Barat berpartisipasi menangani gempa sejak kejadian hingga sekarang.

“Tetapi, penanganan gempa harus memprioritaskan persoalan yang mendesak,” ujar Irman yang baru sekirat seminggu menjabat sebagai Ketua DPD RI

Kepada Gamawan, Irman mengatakan, Alwi menyiapkan diri memberi “advice” atau saran penanganan gempa berbekal pengalamannya di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) setelah tsunami tanggal 26 Desember 2004. “Beliau siap memberi bantuan saran,” tambahnya.

Alwi menjelaskan kesiapan negara-negara Timur Tengah membantu Sumatera Barat seperti Qatar, Yaman, Turki, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Saudi Arabia. Sebagian di antaranya telah disampaikan ke Sumatera Barat. “Sudah ada yang masuk, tapi jumlahnya saya tidak tahu,” tukas mantan Menteri Luar Negeri ini.

Irman mengunjungi beberapa titik lokasi gempa juga bersama para pendonor dari Amerika Serikat dan Timur Tengah.