Komisi IX DPR: Pelayanan RS Sangat Jelek Sekali

0
28

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Komisi IX Bidang Kesehatan DPR RI akan kembali membahas Rancangan Undang-Undang tentang Kesehatan, Senin (8/6).

Pembahasan akan digelar di Gedung DPR/MPR RI Senayan Jakarta pada pukul 10.00 WIB.

Kepada Pewrta-Indonesia, Ketua Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning mengungkapkan, hingga saat ini pembahasan RUU tentang Kesehatan telah sampai pada panitia kerja dari panitia khusus dan pada minggu diharapkan sudah akan masuk kepada tim perumus.

Ribka menjelaskan, pembahasan RUU ini tidak terkait dengan adanya kasus Prita, karena pembahasan telah dilakukan sejak lama sebelum munculnya kasus Prita. Pembahasan ini, kata dia, dilakukan mengingat adanya pelayanan yang dilakukan rumah sakit, baik rumah sakit yang bergengsi maupun rumah sakit umum daerah yang anggarannya lebih kepada rakyat ternyata sangat jelek sekali.

“Pelayanannya terhadap pasien sangat jelek sekali, apalagi kepada orang-orang miskin. Jadi ini bukan direvisi karena persoalan Prita, walapun dari situ dapat kita lihat ternyata rumah sakit yang bergengsi yang kita tahu pasti didatangi orang-orang mampu masih dapat pelayanan seperti yang didapati Prita, apalagi rumah sakit seperti yang di daerah, RS yang kelas tiga,” kata dia.

“Coba deh lihat orang-orang yang miskin, yang bayinya disandera ibunya pulang, ada pasien yang diborgol, orangnya sudah meninggal tapi surat tanahnya ditahan, penolakan rakyat miskin di rumah sakit hingga meninggal, terlambatnya penanganan, adanya penolakan pasien, darah yang harus dibeli dan pasien diminta uang muka dulu. Masih banyak hal seperti itu, karenanya Komisi IX perlu mengamandemen UU Kesehatan, harus dimasukkan hak-hak pasien dan perlindungan pasien disitu,” tandas Ribka.