Komnas HAM Akan Gelar Debat Capres Cawapres

0
29

Pewarta-Indonesia , JAKARTA – Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) akan menggelar debat calon Presiden dan calon Wakil Presiden terkait dengan masalah-masalah penegakan HAM kedepannya. Debat capres cawapres ini akan berisi visi dan misi para pasangan calon terkait dengan penegakan HAM.
Kepada Pewarta Indonesia, Rabu (3/6),
Wakil Ketua Komnas HAM Ridha Saleh menjelaskan, latar belakang akan digelarnya debat adalah karena isu mengenai HAM masih menjadi salah satu masalah di Indonesia, masih banyaknya masalah yang harus dihadapi terkait dengan kasus HAM dan terkait dengan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu yang belum terselesaikan. Dalam hal ini pada debat akan didengarkan seperti apa ide, visi dan misi para capres dan cawapres untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut dan terkait dengan penegakan HAM di masa-masa yang akan datang jika mereka memimpin Indonesia nantinya.

Mengenai jadwal debat, Ridha mengaku debat tersebut belum dijadwalkan kapan waktu pastinya, mengingat masa kampanye ini adalah masa sibuk bagi pasangan capres cawapres. Komunikasi, menurutnya, telah dilakukan dengan tim kampanye masing-masing pasangan dan Komnas HAM memberikan kewenangan kepada mereka untuk menentukan kapan waktunya. Namun, Komnas HAM sendiri mengusulkan jadwal debat pada 12 Juni mendatang dan hingga saat ini masih menunggu konfirmasi dari tim kampanye.