Kota Parepare Bertekat Raih Penghargaan Kebersihan Tingkat Asia Tenggara

0
21
Pewarta-Indonesia, Parepare Meraih sertifikat Adipura saja sudah luar biasa apalagi kalau dapat pialanya. Bahkan berhasil meraihnya enam tahun berturut-turut. Kota Pareparepun bertekat mendapatkan Penghargaan Kebersihan tingkat Asia Tenggara.

Itulah kenyataannya, Kota Parepare, tahun ini kembali merah Piala Adipura yang ke enam kalinya, diraihnyapun secara berturut-turut setiap tahun. Piala Adipura ini diberikan langsung oleh Presiden RI kepada Walikota Parepare, Drs. HM. Zain Katoe 8 Juni lalu.

Keberhasilan membawa pulang piala Adipura, disambut oleh masyarakat Parepare denga rasa suka cita, dan kedatangannya pada 12 Juni lalu itu disambut oleh masyarakat dan Muspida Kota Parepare dan langsung diarak keliling kota Parepare.

Piala Adipura yang langsung dibawa Walikota Parepare dari Jakarta itu, tidak saja mendapat sambutan berbagai kalangan masyarakat di yang berkumpul di perbatasan kota parepare, tapi di sepanjang sudut jalan terlihat siswa siswi dari SD hingga SMA, berkumpul menyambut arak-arakan Piala Adipura, dengan mengibarkan bendera merah putih berukuran kecil yang digenggam para pelajar itu.

“Insya Allah Piala Adipura ini akan kita perjuangkan karena ini merupakan tantangan,kami harapkan dipacu terus untuk mempertahankan dan meraih piala ini untuk ketujuh kalinya. Kita harus  memperoleh nilai 73 di bulan oktober nanti sebagai penilaian pertama karena tahun lalu kita mendapat nilai 71.” Kata Walikota Parepare, Drs. HM. Zain Katoe.

Tidak saja mendapat sambutan dari seluruh warga Parepare. Sebelumnya Piala Adipura ini dibawa kembali ke Parepare, diadakan acara penyerahan dari Gubernur ke masing-masing Walikota dan Bupati se Sulsel yang memperoleh prestasi dibidang Kebersihan tersebut. Atas prestasinya meraih Piala Adipura keenam kalinya ini, tak tanggung-tanggung Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo saat memberikan sambutan pada acara penyerahan Piala Adipura Kabupaten/kota di Baruga Sangianseri Rujab Gubernur.

Saat  menyampaikan pujian dan terima kasih kepada masing-masing penerima penghargaan Adipura, Syahrul mengomentari secara khusus prestasi Zain Katoe atas diterima dan dipertahankannya Piala Adipura yang keenam kalinya sejak 2005 silam. Menurutnya, bukan hal yang mudah bagi setiap daerah dan kepala daerah untuk bisa meraih Adipura.

“Meraih sertifikat saja sudah luar biasa apalagi kalau sudah dapat pialanya. Bahkan Pak Zain Katoe bersama kota yang dipimpinnya berhasil meraihnya enam tahun berturut-turut. Ini sungguh prestasi yang luar biasa,” kata Gubernur.

Untuk Sulawesi Selatan pada tahun ini, ada sebanyak 140 kabupaten/kota yang terdiri atas 9 Kota Metropolitan,4 kota besar,41 kota sedang dan 86 kota kecil. Khusus Sulawesi Selatan,peraih Piagam Adipura untuk Kategori Sedang yakni Parepare, Palopo dan Watampone.

Sedangkan untuk Kota Kecil diraih Kota Pangkajene, Pangkep, Watangsoppeng, Sinjai, Barru, Pinrang, Sengkang. Makassar mendapatkan Piagam Adipura untuk Kategori Kota Metropolitan.

Dengan diraihnya piala Adpura ke enam kalinya secara berturut-turut, Kota Parepare akan melakukan berbagai persiapan untuk meraih penghargaan kebersihan tingkat Asia Tenggara.

Untuk meraih penghargaan itu, tahun depan Kota Parepare harus mampu kembali mendapatkan Piala Adipura ke tuju kalinya, yang merupakan syarat untuk mengikuti lomba kebersihan tingkat Asia Tenggara.