KOWANI Selenggarakan Gerak Jalan Santai

0
26

Pewarta-Indonesia, Kaum suami juga harus mempunyai tanggung jawab yang besar dalam menjaga kehamilan istrinya hingga proses melahirkan anak agar Ibu dan calon bayi dapat selamat, sehat, tidak kurang suatu apapun. Hal ini disampaikan Ketua Umum Konggres Wanita Indonesia (KOWANI), Ibu Dr. Dewi Motik Pramono, M.Si saat memberikan sambutan ketika menghadiri acara Gerak Jalan Santai KOWANI, Minggu (9/5) pagi kemarin. “Saat ini, Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih cukup tinggi yakni 228 per 100.000 kelahiran hidup,” kata Dewi Motik yang juga adalah pengusaha wanita sukses di negeri ini.

Sebagaimana diketahui bahwa sebagai salah satu organisasi wanita di tingkat nasional, Kowani memandang penting untuk mengusung pembelaan terhadap kaumnya termasuk dalam hal-hal yang berkenaan dengan kodratnya sebagai wanita yakni hamil dan melahirkan anak. Melihat masih tingginya AKI, Kowani terus melakukan kampanye sebagai upaya penyadaran masyarakat akan pentingnya peran serta anggota keluarga, terutama suami sebagai kepala keluarga, untuk memperhatikan sungguh-sungguh istrinya saat hamil hingga melahirkan.

“Di Indonesia, kematian ibu masih merupakan masalah yang krusial. Setiap tahun diperkirakan 20.000 ibu meninggal karena komplikasi kehamilan, persalinan, maupun nifas,” imbu Dewi Motik.

Gerak jalan santai dimulai dari kantor Kowani di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, menuju Bundaran Hotel Indonesia dan kembali lagi ke kantor Kowani. Enam organisasi besar wanita lainnya yang ikut bergabung dalam gerak jalan santai ini, yakni SIKIB, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, Dharma wanita Persatuan, PKK, dan APPB. Hadir juga dalam kesempatan itu Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Linda amalia Sari Agum gumelar, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Setianingsi, dan Wakil Ketua MPR RI Melanie Leimena Suharli.

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan acara dialog interaktif nasional yang diadkan Senin (10/5) hari ini di Auditorium Kantor Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengan tema “Tanggung jawab Kita Bersama Mengurangi Kematian Ibu & Balita”. (WL)

BAGIKAN
Berita sebelumyaDPD RI: Tata Kelola Desa Bukan Pemerintahan
Berita berikutnyaProf. Philip Hadiri Gerak Jalan Santai Kowani
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.