KPU Hilangkan Sesi Saling Tanya

0
33

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menghilangkan sesi terakhir, saling tanya antar capres dalam Debat Capres 2009 yang akan berlangsung malam ini di Gedung Trans TV dan disiarkan secara langsung oleh Trans7 pukul 19.00 WIB.

Demikian disampaikan disampaikan oleh anggota KPU, I Gusti Putu Artha usai bertemu dengan ketiga tim sukses capres di Gedung KPU, hari ini, Kamis (18/6). Ketiga capres keberatan dengan adanya sesi saling bertanya di antara mereka.

Sebagai ganti dari sesi debat capres saling bertanya satu sama lain, diganti dengan sesi kesimpulan akhir dari masing-masing capres dan cawapres.

“Segmen ketiga diubah, moderator akan bertanya pada salah satu capres lalu meminta pandangan capres lain soal jawaban yang disampaikan,” katanya.

Kemudian, setelah memberikan jawaban dan ditanggapi oleh calon lainnya, capres diberikan waktu untuk memberikan jawaban penutup. Sesi terakhir akan diisi dengan penyampaian pernyataan terakhir oleh calon dengan waktu masing-masing selama 1,5 menit.

Debat capres dan cawapres ini didesain dalam beberapa segmen dengan waktu keseluruhan 90 menit. Segmen pertama diisi dengan pemaparan visi dan misi oleh setiap capres selama 7-10 menit.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi pendalaman yang diisi dengan pertanyaan oleh moderator dan dijawab secara bergantian oleh masing-masing calon. “Pertanyaan yang diajukan oleh moderator ada tiga. Setiap capres menjawab pertanyaan selama dua menit,” ujarnya.

Sementara pada sesi ketiga terjadi perubahan dimana sebelumnya diagendakan setiap capres mengajukan pertanyaan untuk capres lain dan dijawab. Diganti menjadi sesi kesimpulan akhir dari masing-masing capres dan cawapres.

Tema debat antarcapres nanti malam adalah “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih serta Menegakkan Supremasi Hukum dan HAM” dengan moderator Prof. Dr. Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina. Debat berlangsung di Studio I Trans TV. Rencananya acara debat akan diawali penampilan Iwan Fals membawakan lagu “Omar Bakrie” dan diakhirnya lagu “Kemesraan”.

Sebelum debat dimulai, Ketua KPU A.Hafiz Anshary akan memberikan sambutan. Selanjutnya pembawa acara akan memperkenalkan moderator. Lalu pembawa acara memanggil para capres naik ke panggung debat dan menyampaikan profil masing-masing capres. Setelah itu, acara diambil alih oleh moderator dan acara debat dimulai. (**)