KPU Pariaman, Sumbar Lakukan Penghitungan Suara Ulang

0
29

Pewarta-Indonesia, PADANG- Komisi Pemilihan Umum Kota Pariaman akan melakukan penghitungan suara ulang di Tempat pemungutan Suara (TPS) 10 Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Utara, setelah Mahkaman Konstitusi (MK) memutuskan agar dilakukan pengitungan suara kembali.

Koordinator Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum Provinsi Ardyan mengatakan jadwal pelaksanaan penghitungan suara ulang tersebut belum ditetapkan. “Kita akan segera berkoordinasi dengan KPU Pariaman untuk menetapkan kapan penghitungan suara ulang dilaksanakan,” kata Ardyan.

Penghitungan suara ulang it dilaksanakan kata Ardyan untuk membuktikan apakah perlehan suara perolehan suara PBB di daerah pemilihan tiga Kota pariaman hilang.

Kasus sengketa pemilihan legislatif yang terjadi di daerah itu terjadi antara PBB dengan Partai Barian nasional (Barnas). PBB mengklaim perolehan suara partai di daerah pemilihan tiga Kota Pariaman hilang satu suara dari 644 menjadi 643 suara, sementara perolehan suara Partai Barnas 644 setelah ditambah satu suara dari TPS 10 Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Selatan.

Untuk mengetahui apakah telah terjadi selisih angka sebagaimana yang diajukan ke Mahkamah Konsttitusi, KPU Kota Pariamanakan melakukan penghitungan suara ulang terhadap seluruh suratsuara yang terpakai di TPS 10 Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Selatan, kemudian dibandingkan dengan sertifikat berita acara di TPS. (**)