Lagi, Listrik Jawa-Bali Padam Bergiliran

0
31

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Listrik Jawa-Bali kembali gelap, menyusul gangguan di PLTU Muara Karang unit 1, 2, 3 dan 4 serta PLTU Tanjung Priok unit 5 dan 6 yang menyebabkan banyak gardu induk (GI) padam.

“Memang ada gangguan di pembangkit Muara Karang,” jelas Purnomo Willy, General Manajer PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) ketika dikonfirmasi Pewarta-Indonesia, Kamis (11/6) ini.

 

Gangguan yang terjadi di PLTU Muara Karang beraneka ragam karena terjadi di beberapa mesin pembangkit. Selain kerusakan broiler (pemanas air). Ada juga yang lainnya, bahkan ada pula unit sedang dalam pemeliharaan.

Purnomo Willy memperkirakan gangguan di pembangkit Muara Karang ini akan berlangsung sampai Jumat besok. Sehingga tidak mustahil akan dilakukan pemadaman secara bergilir secara bergantian.

Akibat gangguan ini, sesuai informasi yang diperoleh, sistem listrik Jawa Bali kekurangan daya 316 mega watt (MW). Sementara untuk pasokan listrik Jakarta dan Tangerang berkurang hingga sekitar 50-100 MW.

Hal senada juga dikatakan Budiman, General Manajer PLN Distribusi Jabar dan Banten (DJBB). “Pasokan kita dipotong 40 MW,” jelasnya.

Wilayah Jakarta dan Tangerang yang padam di antaranya Kedoya, Kebon Jeruk, Grogol, Mauk, Jatiuwung, Kutabumi, Tangerang. Penggilingan, Plumpang, Bekasi dikeluarkan wilayah: Koja, Sunter, Tj Priok, Warakas, Jln Raya Bekasi, Semper. (**)