MK Berikan Batas Akhir Bagi Partai Hingga Pukul 12.00 Nanti

0
27

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) meminta empat partai pemohon judicial review Pasal 205 Ayat 4 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 Pemilu Legislatif memberikan kesimpulan gugatan di depan hakim konstitusi paling lambat Selasa 4 Agustus 2009 pukul 12.00.

“Kalau tidak memberikan kesimpulan, maka dianggap kesimpulan itu diserahkan ke MK dan mahkamah akan membuat kesimpulan sendiri,” kata Mahfud MD, Ketua MK di Jakarta.

Gugatan terhadap Pasal 205 Ayat 4 diajukan PKS, PPP, Partai Gerindra, dan Partai Hanura. Mereka menginginkan MK memberikan tafsir pasal itu sesuai dengan UUD 1945 sehingga tidak diterjemahkan berbagai macam oleh partai.

Isi pasal yang diperkarakan itu ialah “Dalam hal masih terdapat sisa kursi dilakukan penghitungan perolehan kursi tahap kedua dengan cara membagikan jumlah sisa kursi yang belum terbagi kepada Partai Politik Peserta Pemilu yang memperoleh suara sekurangkurangnya 50% (lima puluh perseratus) dari BPP DPR.”

Selanjutnya Mahfud mengharapkan kepada keempat partai untuk  menyampaikan alasan konstitusional yang berbeda.

“Kalau tidak ada yang membedakan atau tidak ada alasan konstitusional yang lain atau kerugian yang didapat partai itu, maka permohonan bisa tidak dikabulkan,” kata dia.

Beda yang dimaksud Mahfud adalah karena Pasal 205 ini sebelumnya pernah juga digugat. (eko)

BAGIKAN
Berita sebelumyaKantor Gubernur DKI Siaga I
Berita berikutnyaManohara dan Penggemar Facebook Ikut Melayat Mbah Surip
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.