MUI: Pencarian Jenazah di Padang Pariaman Bisa Dihentikan Besok

0
20

Pewarta-Indonesia, PADANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Barat, Selasa (6/10), mengeluarkan fatwa terkait proses evakuasi, terutama di Padang dan Padang Pariaman, Sumatra Barat. Proses evakuasi di Padang Pariaman, menurut MUI bisa dihentikan mulai Rabu (7/10) besok. Pencarian korban tidak perlu dilanjutkan.

Menurut Ketua Bidang Fatwa MUI Sumara Barat Gusrizal, fatwa ini didasari oleh kenyataan bahwa sebagian besar korban di Padang Pariaman tewas tertimpa tanah, atau terkena longsoran tanah. Jenazah korban menyentuh tanah, sehingga tidak mebusuk dan tidak bau. Menurut MUI, kondisi ini bisa dianggap sebagai kuburan massal.

Hal sebaliknya terjadi di Kota Padang. Menurut Gusrizal, sebagian besar korban di Padang tewas karena tertimpa reruntuhan bangunan atau tembok, bukan tertimpa longsoran tanah. Karena itu, pencarian korban tewas harus diteruskan. Jenazah yang ditemukan baru dikuburkan.  (DOR/Metrotvnews)

BAGIKAN
Berita sebelumyaMotor Lupa Diri
Berita berikutnyaPanglima TNI Menerima Dubes Negara Sahabat
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.