Pemerintah Menaikkan Gaji PNS 5 Persen

0
30

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Pemerintah merencanakan akan menaikkan lagi gaji bagi pegawai negeri sipil dan pensiunan pada 2010. Rencananya para aparat birokrasi itu akan dinaikkan gajinya sebesar lima persen.

Hal tersebut disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat pidato penyampaian atau pengantar pemerintah atas RUU APBN 2010 di hadapan Rapat Paripurna Luar Biasa DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 3 Agustus 2009.

“Untuk memperbaiki kinerja birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan mengalokasikan anggaran antara lain untuk memperbaiki penghasilan aparatur negara dan pensiunan melalui kenaikan gaji pokok dan pensiunan rata-rata lima persen,” kata Presiden SBY.

Selain kenaikan gaji pokok, pemerintah juga akan tetap memberikan gaji bulan ke-13 bagi PNS dan pensiunan. Selain itu, pemerintah juga akan menaikkan uang makan bagi TNI/Polri dan PNS.

Untuk TNI/Polri uang makan naik dari Rp 35 ribu per hari menjadi Rp 40 ribu per hari. Sedangkan untuk PNS, uang makan dari Rp 15 ribu menjadi Rp 20 ribu.

Presiden SBY pun menyatakan selama lima tahun terakhir, gaji PNS dan TNI/Polri telah naik sebanyak 2,5 persen. Atau dari Rp 674 ribu menjadi Rp 1,721 juta.

BAGIKAN
Berita sebelumyaMahasiswa UI Demo, Akses Depan Gedung DPR Macet
Berita berikutnyaPresiden Nilai Perlu Moratorium Pemekaran Daerah
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.