Pengrajin Tahu Minta Payung Hukum Standar Penggunaan Formalin

0
36

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Sekitar 200 orang pengrajin tahu di Jabodetabek melakukan aksi unjuk rasa rasa di depan Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Jumat (26/6). Mereka menutut adanya payung hukum standar penggunaan formalin pada produk tahu.


Salah seorang pengunjuk rasa, Usman warga Jelambar, Jakarta menyampaikan, selama ini pengusaha tahu merasa dijadikan sapi perahan oleh oknum tertentu dengan tuduhan menggunakan formalin secara berlebihan, dimana pengrajin kemudian ditangkap dan dimintai sejumlah uang tebusan.

Menurut para pengunjuk rasa, produk tahu berbeda dengan produk makanan lain dan harus menggunakan formalin dengan kadar yang menurut mereka aman. Sehingga jika formalin dilarang, mereka meminta pemerintah mengeluarkan standar pengganti formalin dengan harga terjangkau.

Karena itu, para pengrajin tahu tersebut meminta agar penggunaan formalin dilegalkan dengan syarat berdasarkan standar yang aman bagi kesehatan. Mereka menilai, selama ini tahu dikonsumsi secara luas oleh  masyarakat dan belum ada keluhan kesehatan.