Peraturan Pemerintah Hambat Kinerja KPU Kabupaten Tanah Bumbu

0
23

Pewarta-Indonesia, Selasa (21/1) kemarin telah diadakan rapat tentang Draft Tata Cara Pemasangan Alat Peraga Atribut Partai peserta Pemilu 2009 yang diselenggarakan oleh KPU Kab.Tanah Bumbu bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Jl.Transmigrasi Kapet Plajau, Batu Licin, Tanah Bumbu, dihadiri seluruh pengurus Papol, unsur Muspida, dan seluruh Camat.


Materi yang disampaikan mengenai pengajuan draf ini, ditolak mentah-mentah oleh semua anggota rapat, karena dianggap tidak relevan, dan menjurus deskriminatif. Karena batasan yang diajukan berindikasi ditunggangi kepentingan-kepentingan elit politik atau golongan.

Dalam session tanya jawab banyak keluh kesah dan masalah yang disampaikan peserta rapat, salah satunya memepertanyakan tentang kinerja KPU Kab.Tanbu yang saat ini dianggap nglendor alias molor dan berkesan ogah-ogahan.

KPU saat itu menyatakan semua ini terjadi akibat dari belum keluarnya dana dari PEMKAB untuk KPU,sehingga kinerja tidak optimal. Ketika hal ini di tanyakan kepada Kepala Badan Kesbang Lingmas, Jhon Pernandus. SH, menjawab, “Dana untuk KPU sebenarnya sudah dianggarkan, tapi kami tidak berani mengeluarkannya karena Peraturan Pemerintah belum ada untuk mengatur ini,” ujarnya. Serentak hal ini membuat semua anggota rapat menjadi bingung.

Ketika dikonfirmasi langsung kepada Samsani, Ketua KPU Kab.Tanah Bumbu (22/1) via telpon dan short message service (sms) terkait masalah ini, beliau tidak mau mengangkat telp dan tidak mau membalas sms. Pernyataan ini sangat tidak benar bahkan bisa dinyatakan sebagai pembohongan publik dan pencemaran nama baik pemerintah pusat, karena disisi lain, di kabupaten induk pemekaran Tanah Bumbu, Kotabaru sudah mealokasikan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kepada KPU Kab. Kotabaru sebesar tujuh miliar rupiah.

Ketua KPU Kab. Kotabaru, H. Nur Zazin, MA, Rabu (22/1) membenarkan, selain menerima dana dari pusat, KPU kotabaru juga mendapat alokasi dana dari APBD Kotabaru untuk keperluan operasional pelaksanaan pemilihan umum (pemilu ) 2009. Apabila hal ini di biarkan berlarut-larut Pemilu 2009 di Kabupaten Tanah Bumbu bisa terancam gagal atau tertunda.

Anda punya berita, artikel, foto, atau video? Publikasikan di sini
Kontak Redaksi di [email protected]