Pers Wajib Menjaga UU Rahasia Negara

0
21

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Undang-Undang Rahasia Negara harus dijaga ketat karena dimaksudkan untuk keselamatan negara. Mengingat semua negara  di manapun juga memiliki tingkat kerahasiaan.

Hal tersebut disampaikan calon Presiden Jusuf Kalla dalam dialog terbuka yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia dengan tema “Komitmen Capres Membangun Kebebasan Pers” di Jakarta Media Center Jakarta Pusat siang tadi.

Acara dialog terbuka dengan pembicara tunggal JK ini diikuti oleh sekitar 100 peserta, baik dari kalangan wartawan maupun pemerhati pers.

Penilaian tersebut disampaikan JK menanggapi kekhawatiran pers terhadap UU Rahasia Negara yang dinilai mengancam dan akan memasung kebebasan pers di Indonesia.

Menurut JK, untuk keselamatan negara maka pastinya harus ada tingkat kerahasiaan tertentu. Terdapat golongan atau klasifikasi untuk diketahui.

JK menegaskan, jika tidak ada kerahasian negara maka negara akan mudah dimasuki oleh lawan dan oleh negara lain. Dicontohkan, rahasia negara tersebut menyangkut surat-surat kepresidenan dan juga mengenai data dan jumlah amunisi.

Sementara mengenai kebebasan atau kemerdekaan pers, JK berpendapat bahwa terdapat Pasal 28 UUD 1945 yang telah mengatur antara hak dan kewajiban. Menurutnya, pers memiliki hak namun juga memiliki kewajiban dan tanggung jawab. (**)