PLN Siap Suplai Listrik Buat MRT

0
29

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi  Jakarta Raya (Disjaya) dan Tangerang siap suplai listrik untuk pengoperasian Mass Rapid Transit (MRT). Diperkirakan dalam pengoperasiannya moda angkutan massal tersebut membutuhkan daya  listrik sebesar 50 Megavolt Ampere.

Pernyataan tersebut disampaikan Tribudi Rahardjo, Direktur Utama PT. MRT saat penandatangan nota kesepahaman PT.PLN tentang penyediaan tenaga listrik untuk pembangunan dan pengoperasian MRT di Hall B,  Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (15/6).

Mengenai besarnya kebutuhan daya listrik dalam proyek tersebut, Purnomo Willy, General Manager PT PLN Disjaya dan Tangerang mengaku yakin pihaknya mampu memasok kebutuhan listrik MRT. Sedangkan  mengenai tarif yang akan dikenakan akan lebih rendah dibanding tarif  industri. Artinya, tarif listrik akan lebih rendah 1.380 rupiah perkilo watt hours.

Namun ditambahkan Purnomo, kebutuhan listrik tersebut juga dapat bertambah. Hal itu lantaran daya listrik sebesar 50 megavolt ampere hanya diperuntukkan pada MRT dan belum pada sarana pendukung lainnya.

MRT merupakan bagian dari Pola Transportasi Massal (PTM) yang akan dikembangkan Pemprov DKI dan pemerintah pusat. Dalam perencanaannya
MRT akan mulai dibangun 2010 dan ditargetkan dapat beroperasi 2016. Pasokan listrik sendiri nantinya akan disalurkan melalui jaringan Jawa-Bali.

“Setidaknya ke depan dalam pengoperasiannya dibutuhkan dua gardu dan pengerjaannya akan dimulai 2012,” ujar Purnomo.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta menilai kesepakatan ini merupakan langkah awal yang harus ditindak lanjuti karena akan berprospek dalam jangka panjang. (**)