SBY Akan Terima Hasil Tes Kesehatan 14 Calon Menteri Malam Ini

0
18

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Tim dokter RSPAD Gatot Subroto Jakarta hingga kini masih melakukan rapat pleno untuk mengetahui hasil tes kesehatan 14 calon menteri kabinet periode 2009-2014.

Hasil tersebut tersebut akan langsung diserahkan kepada Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono malam ini juga. Demikian dikatakan Kepala RSPAD Gatot Subroto, Brigjen TNI dr. Supriantoro, Minggu (18/10).

Supriantoro mengatakan, rapat pleno diperlukan untuk memberikan keterangan tertulis tentang hasil pemeriksaan dan saran-saran tindakan terhadap kelainan yang ditemukan. Pemeriksaan kesehatan rencananya akan dilakukan selama tiga hari.

Dikatakan, dari 16 calon yang dijadwalkan pemeriksaannya hari ini, dua orang yang tidak menjalani pemeriksaan adalah Hatta Radjasa dan Andi Alfian Malarangeng.

Sementara itu,  dari Cikeas, tempat kediaman SBY dilaporkan pegiat kesehatan Mila Anfasa Moeloek menekankan pentingnya pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) 2015 oleh seluruh negara berkembang, termasuk Indonesia.

Visi dan misinya seputar kesehatan dalam program MDGs 2015 itu disampaikan kepada wartawan usai beraudiensi dengan SBY dan Boediono, Minggu (18/10).

Beberapa poin yang disebut Mila antara lain kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak. Namun ketika ditanya wartawan apakah pos yang diamanatkan kepadanya oleh SBY-Boediono adalah Menteri Kesehatan, Mila enggan berkomentar.

Hingga siang kini sudah ada sejumlah nama yang mengikuti proses seleksi calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua.

Di antaranya terlihat Direktur Utama Perum Bulog, Mustafa Abubakar, Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Helmy Faisal.

Para calon menteri yang dipanggil untuk mengikuti fit and proper test calon menteri kabinet 2009-2014 adalah para menteri utama.

Demikian disampaikan Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono di sela-sela rangkaian uji kepatutan dan kelayakan yang diselenggarakan di kediaman pribadi SBY, Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat.

Mengenakan batik biru, SBY sambil tersenyum mengatakan, dirinya merasa puas dengan pelaksanaan fit and proper test calon menteri tersebut.

Ketika ditanya wartawan apakah ada kader dari PDI-Perjuangan yang akan mengikuti fit and proper test, SBY mengatakan “silakan tanya ke pihak PDI-Perjuangan”. (aldy)