Setjen DPD RI Laksanakan Raker di Bandung

0
36

Pewarta-Indonesia, Bandung – Diperlukan koordinasi dan kerjasama yang harmonis dan saling menunjang dari masing-masing unit dan sub unit di lingkungan sekretariat DPD RI dalam rangka menunjang keberhasilan kerja DPD RI sebagai salah satu lembaga parlemen Indonesia di samping DPR. Hal tersebut disampaikan Djamhur Hidyat, Wakil Sekretaris Jenderal DPD RI, saat memberikan arahan di akhir rapat kerja (raker) Sekretariat Jenderal DPD RI, Sabtu (24/1).

Sebagai informasi, seluruh pejabat dari eselon I hingga eselon IV di jajaran Sekretariat Jenderal DPD RI – Jakarta, mengikuti raker selama 3 hari sejak Kamis (22/1) bertempat di Savoy Homann Bidakara Hotel, Bandung. Kegiatan yang diikuti oleh 125 pejabat tersebut telah berlangsung lancar dan sukses sesuai dengan harapan yang diinginkan. Aktivitas penting tersebut selain untuk penyusunan rencana program Setjen DPD, juga dimaksudkan sebagai konsolidasi dan koordinasi antar pejabat dan antar biro, bagian, pusat, dan unit yang ada di lingkungan Setjen DPD, terutama setelah dilakukan restrukturisasi dan pengangkatan pejabat baru beberapa waktu lalu.

Dalam raker tersebut, telah dihasilkan beberapa konsep yang berkenaan dengan rencana kerja masing-masing bagian/sub bagian yang akan diimplementasikan dalam rentang waktu 3 bulan pertama tahun 2009 ini. Selain itu, juga telah diselesaikan rancangan usulan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2010 mendatang. Yang tidak kalah penting, peserta raker telah pula menyusun anggaran biaya yang dibutuhkan bagi realisai program di tahun 2010 mendatang oleh masing-masing unit.

Dalam pertemuan tersebut, seorang peserta raker mengungkapkan bahwa organisasi Setjen DPD RI lebih solid dibandingkan organisasi serupa di lingkungan Gedung Parlemen, Senayan – Jakarta. “Mungkin karena jumlah pegawai dan karyawan di Setjen DPD tidak terlalu banyak, hanya sekitar 250-an orang. Sementara di Setjen DPR, pegawainya mencapai 2500 orang termasuk sekretaris pribadi dan staf ahli Anggota DPR,” kata seorang pejabat baru di Setjen DPD yang sebelumnya bertugas di Setjen DPR RI.

Sebagai masyarakat biasa, tentu kita berharap kiranya kesolidan, kekompakan, dan ketepatan sasaran dari kinerja Setjen DPD RI ke masa depan akan memberi kontribusi bagi pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia. Terutama jika dikaitkan tugas-tugas dari kesekretariatan yang berhubungan langsung dengan pemberdayaan daerah di era otonomi sekarang ini, karena secara langsung atau tidak, keberhasilan Anggota DPD RI mendatang dalam menjalankan fungsi dan wewenangnya sebagai wakil daerah amat ditentukan oleh kehandalan lembaga Sekretariat Jenderalnya. (WL)

Anda punya berita, artikel, foto, atau video? Publikasikan di sini
Kontak Redaksi di [email protected]

 

BAGIKAN
Berita sebelumyaPeraturan Pemerintah Hambat Kinerja KPU Kabupaten Tanah Bumbu
Berita berikutnyaPenunggu Green Canyon Tertangkap Kamera
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.