Soal Ambalat Mega Bilang Rundingkan Dulu

0
24

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Calon presiden Megawati Soekarnoputri menyarakankan agar dilakukan perundingan bilateral melalui Deplu RI dan Malaysia dalam menyelesaikan sengketa Ambalat.

Demikian disampaikan oleh Megawati saat menjadi pembicara kunci di diskusi publik soal sengketa Ambalat di Jakarta Media Centre, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumad (6/6).

Mega juga menyesalkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia dan tertinggalnya Alutsista Indonesia, sehingga menyulitkan jika terpaksa harus berperang dengan Malaysia.

“Tahun 2007 ada 76 pelanggaran, 23 kali tahun 2008, dan 11 kali tahun 2009. Sejak 2007 sudah ada 119 kali pelanggaran,” kata Megawati. Menurut Mega, persoalan itu bukan pada Ambalatnya melainkan bagaimana tindakan pemerintah untuk menghadapi ancaman dari luar,” ujar Ketua Umum PDI Perjuangan itu.

Lebih lanjut putri Bung Karno ini juga menyesalkan minimnya anggaran untuk Dephan yang hanya 4% dari APBN, sangat beda jauh waktu diri menjadi presiden. Apalagi jika dibandingkan saat Ayahnya menjadi presiden, dimana anggaran militer mencapai 29% dari APBN.