TNI Adakan Rapim 2010

0
28

Pewarta-Indonesia, Markas Besar (Mabes) TNI akan menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2010 selama dua hari, mulai 25 s.d 26 Januari 2010 bertempat di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI Cilangkap – Jakarta Timur. Rapim TNI yang dilaksanakan setiap tahun merupakan sarana bagi para Pimpinan TNI untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja tahun 2009 dan menyamakan pemikiran dan langkah tindak guna memperoleh hasil kinerja yang optimal dalam pelaksanaan program kerja TNI tahun 2010. Rapim TNI Tahun 2010 ini mengusung tema “Dengan meningkatkan kemampuan trimatra terpadu, TNI siap menegakkan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan bangsa”. Rapim TNI akan diikuti 152 orang Perwira Tinggi TNI dari Mabes TNI dan ketiga angkatan serta pejabat dari kementerian/lembaga pemerintah non kementerian yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI.

Penyelenggaraan Rapim TNI Tahun 2010 ini dilatar belakangi beberapa hal mendasar. Di antaranya kesiapan satuan TNI dalam pelaksanaan tugas pengamanan di daerah perbatasan dan pulau-pulau terdepan (utamanya di perbatasan yang memiliki potensi kerawanan terjadinya konflik), bantuan penanggulangan bencana alam serta terorisme, pembangunan kekuatan pokok minimum (Minimum Essensial Force) TNI yang mampu menjamin kepentingan strategis berdasarkan Renstra Pembangunan TNI Tahun 2010 – 2014, dan penyampaian kebijakan Panglima TNI sebagai pedoman pelaksanaan tugas.

Bersamaan dengan penyelenggaraan Rapim tahun ini, beberapa produsen/industri pertahanan akan menggelar pameran Alat Peralatan Pertahanan (Alpalhan). Antara lain Virtual Arms Solution (VAS) yang merupakan fasilitas/sarana berbasis komputer untuk melatih kemahiran prajurit TNI menembak, Air Defence Battle Training Simulator (ADBTS) yaitu seperangkat peralatan komputer yang digunakan untuk kepentingan Sishanudnas (Sistem Pertahanan Udara Nasional) terpadu, Allied Tactical Naval Positioning (ANTP) yang merupakan peralatan pendukung manuver taktis kapal saat melaksanakan operasi, Simulator Tactical Combat Management System (STCMS) dan Komunikasi Mobile (Komob).

Menurut rencana, Presiden RI DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono akan hadir dan memberikan pengarahan kepada para peserta Rapim, selanjutnya akan meninjau demo dan pameran Alpalhan TNI. Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso bersama Kepala Staf Angkatan dan Pejabat Teras Mabes TNI akan mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan Rapim TNI Tahun 2010 dengan acara Konferensi Pers bertempat di Gedung I Ngurah Rai (Balai Wartawan – Puspen TNI), Mabes TNI Cilangkap – Jakarta Timur.

Sumber image: google.co.uk