TNI-Polisi Razia di Sekitar Kediaman SBY

0
26

Pewarta-Indonesia, BOGOR – Sehari pasca penyergapan gembong teroris Noordin M Top, puluhan petugas Polresa Bogor dan Korem 061 Surya Kencana Bogor mengggelar razia di sekitar kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kompleks Puri Cikeas, Kecamatan Gunung Putri, Minggu. Selain itu penjagaan di kompleks orang nomor satu di Indonesia ini
diintensifkan.

Puluhan petugas Polres Bogor dan belasan tentara memeriksa kendaraan serta identitas tamu yang masuk. Tak hanya itu, petugas juga menutup jalur akses menuju kediaman pribadi SBY dengan portal. Di mulut jalan Kompleks Puri Cikeas, puluhan polisi dibantu TNI juga merazia semua kendaraan yang melintas. Kendaraan yang mencolok, seperti mobil boks, dicek secara intensif oleh aparat. Polisi juga memeriksa identitas pengendara.

Operasi yang digelar sejak pukul 06:00 Wib hingga dua jam ke depan tidak menemukan kendaraan yang mencurigakan. Siang harinya, aparat kembali menggelar razia selama dua jam. “Kami diperintah razia dilakukan minimal empat kali sehari,” ujar seorang polisi.

Kapolres Bogor AKBP Suntama, mengatakan razia semacam ini akan terus digencarkan. “Kami
tidak ingin kecolongan dan razia ini digencarkan dalam batas waktu yang tidak ditentukan,” katanya. Tujuannya, untuk mengantisipasi ancaman teror di rumah pribadi Presiden SBY.

Sementara Komandan Korem O61 Surya Kencana Bogor, Kolonel Inf Agus Sutomo, menegaskan pihaknya telah menambah 1 SSK pasukan dari Batalyon 315 Garuda untuk memperkuat pasukan penjaga di kediaman Presiden SBY. “Mereka dibekali senjata lengkap untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Dia mengatakan, pasukan tersebut sudah disiagakan pasca Pilpres lalu, namun terkait penangkapan Noordin M Top, pihaknya lebih meningkatkan pengamanan. “Patroli kami lakukan secara rutin di seputar kediaman Bapak Presiden,” katanya.   (iwan/sir)