Tolak Tunda Pemilu, KPU Janji Selesaikan DPT Hari Ini

0
22

Pewart-Indonesia, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjanji akan menyelesaikan permasalahan daftar pemilih tetap (DPT), Minggu (5/7). Ia menolak adanya desakan pemilu ulang.

“Kita akan selesaikan hari ini,” ujar Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, di Jakarta, Minggu. Saat ini KPU tengah membahas DPT bermasalah di enam provinsi yang diminta yakni Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Ia mengatakan, dalam rapat tersebut akan dilakukan pemeriksaan ulang terhadap DPT untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009 di enam provinsi yang diduga masih bermasalah itu.

Menurut Hafiz, penyelenggara pemilu telah melakukan pembersihan DPT dari nama ganda, pemilih yang tidak jelas identitasnya, TNI ataupun Polri aktif serta warga di bawah umur secara maksimal. Selain itu, pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT pemilu legislatif juga telah dimasukkan dalam DPT pilpres.

Ia mengatakan, apabila ada pihak yang mengatakan DPT tidak beres, harus disertai dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Ia juga menegaskan, adanya nomor induk kependudukan (NIK) yang sama belum tentu mengindikasikan pemilih ganda.

Pilpres 2009 akan diselenggarakan tiga hari lagi, yaitu pada Rabu, 8 Juli 2009. Saat ini, muncul usulan dari sejumlah pihak untuk menunda pemungutan suara karena masalah DPT. Namun, Ketua KPU menegaskan, tidak ada penundaan pelaksanaan pemilu presiden dan akan tetap diselenggarakan pada 8 Juli 2009. (kompas)