Undangan Proposal untuk Yayasan TIFA 2009

0
97

Pewarta-Indonesia, Yayasan TIFA mengundang gagasan inovatif dari lembaga anda. Hal itu dikemukkan oleh pengurus Yayasan Tifa. Selain itu Yayasan Tifa mengharapkan agar proposal dikirim segera mungkin. Berikut adalah penjelasan resmi Yayasan Tifa.

Yayasan didirikan pada tahun 2000, Yayasan Tifa adalah organisasi grant making dengan misi mempromosikan masyarakat terbuka di Indonesia, yang menghargai keragaman serta menjunjung tinggi penegakan hukum, keadilan dan kesetaraan. Saat ini Tifa mengundang organisasi masyarakat sipil untuk ikut berpartisipasi dengan mengirimkan gagasan yang inovatif dan orisinil dalam bentuk proposal lengkap, untuk dua program Tifa: Media & Informasi, Tata Pemerintahan Daerah, serta satu inisiatif, Kebebasan Memperoleh Informasi Publik.

1. Perlindungan Terhadap Kebebasan Pers. Dikelola oleh Program Media dan Informasi, topik ini ditujukan untuk mendorong terjaminnya perlindungan terhadap kebebasan pers di Indonesia. Fokus utamanya adalah penerapan hukum yang menjamin perlindungan terhadap kebebasan Pers. Dukungan juga diberikan pada upaya pembentukan persepsi warga untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung kebebasan Pers di Indonesia.

2. Peningkatan Profesionalisme Media dan Pemantauan Media yang Melibatkan Masyarakat Sipil. Masih dikelola oleh Program Media, topik ini dilatarbelakangi keprihatinan karena selain menghadapi persoalan dengan kebebasan, media juga masih harus bergulat dengan profesionalisme dan penegakan etika jurnalistik. Untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatan kualitas profesional dan etis bagi para pekerja media. Dukungan Tifa kemudian diberikan untuk mendorong peningkatan kualitas profesional dan etis bagi pekerja media sekaligus mendorong keterlibatan warga yang lebih besar dalam mengontrol secara positif praktek-praktek yang dilakukan media.

3. Pemantauan dan Asistensi Badan Publik untuk Implementasi Kebebasan Informasi Publik. Sebagai bagian dari upaya penyiapan badan publik menjelang diberlakukannya UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Memperoleh Informasi Publik, Tifa melalui inisiatif Kebebasan Informasi Publik memberi dukungan terhadap upaya-upaya yang mampu mendorong badan publik menyediakan informasi publik melalui pemantauan dan asistensi penyiapan sistem manajemen informasi internal pada badan publik di daerah. Badan Publik daerah yang menjadi sasaran program ini hanya difokuskan pada lembaga negara.

4. Pemantauan kinerja pelayanan publik dan pemenuhan hak-hak konstitusional warga dalam keputusan anggaran daerah. Dikelola oleh Program Tata Pemerintahan Daerah, fokus pemantauan kinerja pelayanan publik dan pemenuhan hak konstitusional warga, tahun ini, berfokus pada pemenuhan hak atas pelayanan kesehatan. Dukungan akan diberikan kepada upaya-upaya untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas peruntukkan dan pemanfaatan alokasi anggaran daerah. Faktor sumber-sumber penerimaan akan menjadi pusat perhatian di samping belanja daerah.

5. Penguatan jaringan peliterasi dan pengadvokasi anggaran. Dikelola oleh Program Tata Pemerintahan Daerah, fokus topik ini pada tahun 2009 adalah pada upaya jaringan kelompok masyarakat untuk menumbuhkan literasi anggaran bagi warga melalui translasi, penyebarluasan informasi dan keterbukaan anggaran. Perhatian juga akan diberikan kepada upaya-upaya pemantauan aktif dan advokasi peningkatan transparansi dan akuntabilitas anggaran pemerintahan daerah.

6. Peningkatan fungsi pengawasan komisi-komisi parlemen daerah Program Tata Pemerintahan Daerah tahun ini mulai memberikan dukungan terhadap upaya memfungsikan fungsi pengawasan komisi-komisi di parlemen daerah terutama yang berkaitan langsung dengan pemenuhan hak-hak konstitusional warga.

7. Perluasan kualitas partisipasi ke dalam proses perencanaan pembangunan. Program Tata Pemerintahan Daerah pada tahun ini juga memberikan dukungan kepada upaya penyediaan ruang konsultatif dan pengembangan model-model perluasan partisipasi warga di tingkat desa ke dalam forum-forum perencanaan formal pembangunan dari bawah.

Dana hibah diberikan dengan jumlah maksimal 200 juta rupiah, untuk masa pelaksanaan maksimal 12 bulan. Cara mengajukan dan Tenggat Waktu Proposal ditulis dalam bahasa Indonesia. Format proposal bisa diunduh (download) di www.tifafoundation. org. Proposal yang masuk harus sudah dilengkapi dengan informasi dasar organisasi dan anggaran program. Hanya proposal terpilih yang bisa masuk ke proses seleksi selanjutnya.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang mekanisme seleksi proposal yang ada di Tifa, dan kriteria organisasi yang bisa didanai, silahkan lihat di www.tifafoundation.org. Proposal dapat dikirimkan melalui pos atau email kepada alamat dibawah ini, dan harus diterima sebelum tanggal 20 Maret 2009. Yayasan TIFA hanya menerima file dalam format word & excel, mohon tidak mengubah format ke dalam bentuk PDF. Untuk file lampiran besar, mohon dikecilkan terlebih dahulu atau mengirimkannya dalam email terpisah dan tidak melebihi 1 MB dalam satu email. “Anda layak berbuat untuk tatanan masyarakat terbuka di Indonesia!”

Yayasan Tifa beralamat di Jalan Jaya Mandala II/14 E, Menteng Dalam Jakarta Selatan, 12870.
Email: [email protected], Homepage: www.tifafoundation.org,
Telp: (021) 829 2776, Fax: (021) 837 83648.

Anda punya berita, artikel, foto, atau video? Publikasikan di sini
Kontak Redaksi di [email protected]