Wapres Minta ada Standar Masjid

0
39

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Untuk lebih memakmurkan masjid, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Agama Maftuh Basyuni untuk membuat standar dan panduan kegiatan masjid di Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya Jumat (12/6) saat membuka Silaturahmi Kerja Nasional Ketiga Masjid Agung, Masjid Raya dan Masjid Potensial di Kantor Wapres Jakarta.

Diharapkan tiap tahun digelar perlombaan antar masjid misalnya dari sisi kebersihan, dakwahnya dan perpustakaannya lalu pemenang diumumkan bersamaan dengan penyelenggaraan MTQ.

Karena itu, sebelum diperlombakan perlu ditetapkan standar atau pedoman seperti apa ukuran suatu masjid yang baik. Hal itu menurut JK akan memotivasi masyarakat untuk berlomba memperbaiki masjid.

Kata JK lagi, memang masjid di setiap propinsi terutama masjid besar dibiayai pemerintah miliaran rupiah pertahun. Namun akan lebih bagus jika bisa dilakukan masyarakt sendiri sehingga masyarakat bisa memakmurkan masjid dengan beragam kegiatan tidak hanya sekedar akad dan pesta perkawinan.(**)