Yudhoyono Merasa Dijadikan Sasaran Tembak

0
22

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Kandidat presiden dari Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan duka dan sukanya menjadi calon incumbent (pejabat sekarang) dalam pemilihan presiden mendatang. Dukanya sebagai calon presiden yang masih menjabat adalah seringnya ia dijadikan sasaran tembak yang empuk.

“Biasanya calon incumbent itu dikeroyok dan dijadikan musuh bersama, tapi it’s ok,” katanya dalam Dialog Calon Presiden yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Rabu (20/5).

Namun, posisi incumbent juga menguntungkan. Salah satunya dalam menyampaikan kampanye lebih mudah karena hanya dua hal yang harus disampaikan. “Yang baik dilanjutkan, yang kurang baik diperbaiki,” ucapnya.

Yudhoyono menilai pemerintah yang dipimpinya sudah melakukan banyak hal. “Saya berani mengatakan bahwa kondisi sekarang lebih baik, dibandingkan lima tahun lalu,” ucapnya.

Indikasinya, kata Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu, pertumbuhan ekonomi mencapai 6 persen, pengangguran dan kemiskinan berkurang, fundamental ekonomi semakin kuat, serta pendapatan per kapita juga meningkat. Namun, ia tak mau banyak berjanji untuk lima tahun mendatang jika dirinya terpilih menjadi presiden kembali.

“Berat janji itu, karena saya punya pengalaman empiris betapa masalah (yang terjadi) sering (bersifat) kompleks,” tuturnya.